DaerahHeadlineSerdang Bedagai

RKAS Menuai Masalah, Sejumlah Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Sergai Was Was

Pewarta : Marwan

Serdang Bedagai,mitratoday.com-Sejumlah Sekolah Tingkat Sekolah Dasar menuai masalah disebabkan adanya masalah pada aplikasi RKAS (ARKAS).

ARKAS ini merupakan rancangan kerja sekolah yang diusulkan untuk program kerja tahun berikutnya. Dengan ada masalah pada sistem ARKAS ini, sekolah tentu akan dirugikan untuk pengajuan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Tahun Berikutnya.

“Iya pak, Aplikasi RKAS (ARKAS) ini baru diterapkan disekolah, lewat sistem ARKAS dari Kemendikbud dan Ristek ini  rencana kerja diusulkan. Sehingga setiap program kerja sekolah yang telah diusulkan harus sesuai peruntukkan penggunaan Dana BOSnya. Sehingga kami khawatir dengan ada masalah ini akan menghambat pengajuan Dana BOS tahun berikutnya”, terang Kepala Sekolah di salah satu SDN Pantai Cermin yang enggan dituliskan namanya.

Sambungnya lagi, dampak dari masalah sistem ARKAS ini pihaknya juga dilaporkan oleh salah satu LSM yang ada di Sumut. Padahal pelaporan kegiatan sudah kita masukkan pada sistem ARKAS, tetapi laporan kegiatannya yang sudah dimasukkan menunjukkan kosong”, terangnya sedih.

Informasi yang berhasil dihimpun ada sekitar 8 sekolah yang menuai masalah yang sama. Dimana ke 8 sekolah tersebut telah diminta pihak Dinas Pendidikan Sergai untuk melampirkan berkas pelaksanaan kegiatan sekolah berikut bukti-bukti pembayaran kegiatan berlangsung.

Menyikapi adanya keluhan sejumlah Kepala SDN di Sergai terkait penggunaan sistem Aplikasi RKAS (ARKAS)  ini, Anggota DPRD Sergai asal Fraksi Gerindra Ilham Ritonga agak kaget. Pasalnya anggota Banggar dan Wakil Ketua Komisi D yang salah satunya membidangi Pendidikan ini baru mengetahui soal aplikasi RKAS. Ia membenarkan dalam setiap dinas ada namanya Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) OPD

“Iya, kalau di dinas ada namanya Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Organisasi Perangkat Daerah. RKA ini berisi penjabaran dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan OPD serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya. Tentu maksud ARKAS di sekolah punya fungsi dan tujuan yang sama”, Ujar Ilham.

Ditegaskan Ilham Ritonga, dalam kunjungan kerja di Sekolah sebagai fungsi pengawasan DPRD, Komisi D telah melakukan pengawasan terutama pada penggunaan dana BOS di SMP Se-Sergai. Dalam pengawasan dana BOS tersebut sejauh ini belum ditemukan penyelewengan Dana BOS

Untuk aplikasi RKAS ini pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sergai.

“Ini tentunya akan segera ditindaklanjuti untuk menuju sekolah Mantab,” Pungkasnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: