RSUD Srengat Di Resmikan, Gubernur Jatim : RS Ini di Dirikan Untuk Melayani Warga Tidak Mampu

Pewarta : Novian

Blitar,Mitratoday.com-Masyarakat Kabupaten Blitar Bagian barat boleh berbangga hati,Karena hari ini Sabtu (12/09/2020) telah di resmikan RSUD Srengat Kabupaten Blitar.

Peresmian RSUD Srengat di lakukan oleh Gubernur Jawa Timur,Khofifah Indar Parawansa di dampingi Bupati Blitar Drs H Rijanto,MM dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani, serta Direktur RSUD Srengat Pancalara Budi Retno.

Gubernur Jawa Timur,Khofifah Indar Parawansa saat di wawancara awak media setelah peresmian menjelaskan,”Hari ini kita meresmikan RSUD Srengat Kabupaten Blitar, disini tersedia laboratorium PCR. Kita menunggu analis briefing Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Dan di lantai dua juga tersedia ruang Negative Presures.”Jelas Gubernur.

Gubernur juga menambahkan,kalau Kabupaten Blitar nanti sudah mempunyai Perda Retribusi Jasa Umum dan RSUD Srengat ini menjadi rujukan RS Covid-19, maka akan mendapat support ventilator dimana Provinsi Jawa Timur di support oleh Kementrian Kesehatan,syaratnya harus ada Dokter spesialis anastesi.

“Dengan di resmikannya RSUD Srengat ini menjadi pekerjaan rumah Pemerintah pada masa pandemi Covid-19, agar dapat menjaga kualitas layanan kesehatan dan juga semakin menambah kualitas pelayanan kesehata di Jawa Timur.”Ujar Khofifah.

Sedangkan Kuspardani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menjelaskan,dengan selesainya pembagunan RSUD Srengat dan hari ini telah di resmikan, di harapkan cita-cita dari pendirian RS ini dapat terwujud.

“Karena RS ini di dirikan untuk meringankan warga masyarakat yang kurang mampu di wilayah Blitar bagian barat. Dan kita ingin memberikan layanan yang terbaik. Juga teman-teman di di RS Srengat ini tidak boleh membedakan-bedakan pelayanannya kepada masyarakat antara yang mampu dan yang tidak mampu.”Ungkap Kusoardani. 

RS Srengat ini standar RSUD kelas C,memiliki 4 pelayanan Spesialis Dasar, yaitu spesialis Anak,Obstetri dan Ginekologi, Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Bedah.

“RSUD Srengat memiliki 4 Lantai dengan 100 kamar juga di lengkapi Ruang Rawat jalan,rawat inap,Ruang operasi,ICU dan Ruangan penunjang lainnya.” Pungkasnya.

Jumlah fasilitas tempat tidur sendiri berjumlah 120. RSUD Srengat ini sendiri memiliki karyawan 239 karyawan yang siap melayani masyarakat.

Direktur RSUD Srengat, Pancalara Budi Retno dalam kesempatan peresmian menjelaskan,mudah-mudahan hadirnya RSUD Srengat ini dapat melayani warga masyarakat wilayah Blitar bagian barat.

“Prinsipnya kami berbenah untuk menyiapkan diri, apa-apa yang di perlukan misalnya kondisi sekarang yang masih suasana Pandemi Covid-19 kami menyiapkan untuk laboratorium PCR,kemudian ruang isolasi untuk perawatan pasien Covid.”Tandasnya.

Sementara itu Bupati Blitar Drs H Rijanto,MM dalam sambutannya mengatakan dengan hadirnya RSUD Srengat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Blitar terutama wilayah barat.

“Karena selama ini Kabupaten Blitar hanya memiliki satu RSUD di wilayah Wlingi yang lokasinya cukup jauh dari masyarakat di wilayah barat. Mereka jika ingin berobat banyak yang ke Kota Blitar atau Tulungagung, lebih-lebih warga miskin walaupun ada Surat Keterangan Miskin untuk biaya RS di tanggung Pemerintah namun transportasi yang mereka tanggung cukup besar dari tempat tinggal mereka ke RSUD Wlingi. Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi warga masyarakat Kabupaten Blitar wilayah barat terutama warga kurang mampu.”Beber Bupati.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close