AdvertorialBengkuluBENGKULUHeadline

Sampaikan Laporan Hasil Reses, DPRD Provinsi Bengkulu Gelar Rapt Paripurna Ke IV

Bengkulu,mitratoday.com – Guna menyampaikan laporan hasil reses masa sidang ke-1 tahun 2022, Senin (28/3/2022) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu gelar rapat paripurna ke IV.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu Suharto dan diikuti anggota dewan lainnya. Hadir Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Unsur Forkopimda, dan Kepala OPD di lingkungan pemerintah provinsi Bengkulu.

Sebelumnya, seluruh anggota DPRD Provinsi Bengkulu kembali ke daerah pemilihan menggelar reses guna menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat pada 15 hingga 19 Maret 2022.

Laporan dibacakan oleh anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring yang bertindak sebagai juru bicara laporan hasil reses.

“Aspirasi masyarakat ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi DPRD dan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam rangka membuat kebijakan penganggaran dan kebijakan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Usin.

Setidaknya ada delapan poin pokok yang menjadi hasil reses, di mana infrastruktur jalan masih menjadi aspirasi yang diminta untuk lebih diprioritaskan. Pemprov Bengkulu diminta untuk lebih memprioritaskan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan. Untuk mewujudkan hal ini, pemprov juga diminta membangun sinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota.

“Baik jalan provinsi maupun jalan lingkungan, jalan sentra produksi, tempat ibadah, objek wisata, sarana pertanian, jembatan, drainase, pelapis tebing, tanggul sungai, irigasi, fasilitas keolahragaan, penyediaan air bersih, serta sarana kebersihan,” ujar Usin.

Kemudian mengupayakan program ekonomi kerakyatan dengan memberikan bantuan berupa bibit sapi, kambing, ikan, bibit sawit dan kereta, serta tanaman pangan lainnya kepada kelompok tani, kelompok pedagang, dan kelompok pemuda, agar terserap tenaga kerja dan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

“Untuk peningkatan sumber daya manusia, pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan perhatian terhadap peningkatan mutu pendidikan baik dalam hal peningkatan sarana maupun prasarana, seperti pembangunan gedung sekolah,” lanjut Usin.

Lalu ada juga masyarakat pesisir yang berharap dibangun breakwater (pemecah gelombang) di setiap titik rawan terjadinya gelombang besar dan pemasangan penahan gelombang (revetment) di sepanjang bibir pantai yang dekat dengan pemukiman warga.

“Guna meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, masyarakat menginginkan disalurkan bantuan mesin perontok padi, mesin pemotong rumput, hand tractor, bibit unggul. bantuan pupuk bersubsidi, dan alat pembasmi hama,” tutur Usin.

Lebih lanjut, Usin sampaikan harapan desa-desa yang belum masuk listrik agar kiranya dapat diperjuangkan oleh pemprov. Pun demikian dengan fasilitas penerangan listrik di jalan pemukiman penduduk. Juga dalam upaya menciptakan masyarakat yang sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit.

“Masyarakat menginginkan agar dapat dibangun sarana kesehatan, puskesmas rawat inap, puskemas pembantu, dan polindes lengkap dengan penempatan tenaga medis, bidan desa, hingga dokter spesialis. Dan terakhir, kita berharap semua poin-poin pokok hasil reses ini dapat direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu,” sampai Usin Abdisyah Putra Sembiring. (Adv)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button