DaerahHeadlineMalang

Sanusi Targetkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Malang Terus Meningkat

Malang,mitratoday.com – Bupati Malang HM.Sanusi menargetkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang kian hari kian meningkat.

Kendati demikian ia menyadari jika untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan tersebut tidak bisa hanya dengan mengandalkan pemerintah tapi juga masyarakat.

“Ini tanggung jawab kita bersama masyarakat. Terlebih dari anggaran APBD Kabupaten Malang senilai Rp 4,2 triliun, sekitar Rp 1,3 triliun digelontorkan hanya untuk pendidikan. Artinya ada tugas yang harus kita pikul bersama untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Malang,” kata Sanusi saat melantik sejumlah Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas di Pendopo Pemkab Malang,¬† Rabu (13/7/2022).

Hal ini, lanjut Sanusi menjadi atensi khusus yang diberikan Pemerintah kepada Kepala Sekolah SD dan SMP di Kabupaten Malang. Selain meningkatkan mutu pendidikan, Kinerja juga akan menjadi penilaian khusus Pemerintah.

Bahkan untuk mendorong meningkatkanya mutu pendidikan yang bagus, dirinya meminta agar setiap tahun diadakan kompetisi antar sekolah berprestasi. Ini merupakan salah satu usaha untuk menggenjot kualitas pendidikan seperti yang diharapakan pemerintah. Bahkan Pemerintah tidak segan-segan untuk memberikan hadiah dan beasiswa bagi pelajar yang mampu menorehkan prestasi.

“Indikator keberhasilannya akan dapat dilihat dari hasil penilaian akhir siswa. Disitu bisa kita ketahui sejauh mana mutu pendidikan itu berjalan,” tutur Sanusi.

Terakhir dirinya berpesan agar setiap sekolah bisa menjadi sekolah yang bersih dan sehat. Ini belajar dari pengalaman yang ia dapatkan saat berkunjung ke Denmark beberapa waktu lalu. Di Denmark, lanjut Sanusi Pendidikan Karakter masuk menjadi kurikulum pembelajaran terutama budaya hidup bersih dan sehat.

“Bahkan disana saat saya berkunjung ke pantai, sekolah dan fasilitas umum tidak ada satupun sampah yang berserakan ditengah jalan. Semuanya bersih dan indah,” tandas Sanusi.

Untuk itu dirinya berharap selain fokus meningkatkan mutu pendidikan, para pendidik juga diharapkan bisa menanamkan karakter kepada siswa untuk membudayakan hidup bersih di lingkungan sekolah.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button