DaerahHeadlineMalang

Sasaran Vaksin Booster Lebihi Target, Ini Strategi Muspika Dampit

Malang,mitratoday.com – Muspika Dampit punya cara tersendiri untuk mengejar target sasaran vaksinasi dosis 3 atau Booster.

Strategi tersebut kata Camat Dampit Abai Saleh diantaranya dengan mendorong vaksinasi door to door warga desa di Dampit dengan melibatkan seluruh perangkat desa di tambah tenaga kesehatan dari Bidan desa setempat.

“Tidak hanya melibatkan Pemerintah desa ya, kita juga libatkan berbagai organisasi kemasayarakatan seperti fatayat NU, Pemuda Pancasila (PP) untuk membantu disetiap desa dengan mendata sasaran vaksin terutama vaksin booster,” kata Abai Saleh saat mendampingi Bupati Malang Sanusi meninjau vaksin di SMK Bina Bangsa Dampit jumat (5/8/2022).

Artinya, dengan kearifan lokal yang ada, imbuh Abai Saleh, menjadi strategi tersendiri bagi Kecamatan Dampit untuk mengejar target sasaran vaksin booster tersebut.

Tidak cukup disitu saja, pihaknya juga memberikan sejumlah kelonggaran ijin disetiap keramaian yang diselenggarakan pihak desa. Apalagi di Bulan Agustus seperti ini, urai Abai Saleh banyak kegiatan maupun event – event yang diselenggarakan di setiap desa.

Kendati memberikan kelonggaran, namun lanjut mantan Camat Kepanjen ini, ada persyaratan yang musti dipenuhi salah satu diantaranya adalah kewajiban vaksin di setiap keramaian yang digelar.

Kita ijinkan tapi dengan satu syarat pihak desa harus menyodorkan sasaran warga untuk disuntik vaksin booster,” ujarnya.

Bagaimana reaksi warga Dampit soal vaksin booster door to door tersebut, Abai mengaku antusias masyarakat Kecamatan Dampat sangat tinggi sekali. Artinya mereka sadar soal pentingnya vaksin dosis 3 tersebut agar terhindar dari wabah Covid.

Sementara Muspika Dampit sendiri juga kerap memberikan berbagai hadiah atau bingkisan bagi warga yang datang untuk divaksin.

Pemberian bingkisan atau hadiah itu sendiri, lanjutnya adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada masyarakat yang ikut berkontribusi memerangi wabah Covid lewat vaksinasi tersebut.

Lantas berapa persen capaian target vaksin booster tersebut, Abai mengungkapkan jika capaian vaksin booster melebih target yang di patok Pemerintah yakni sekitar 15 persen.

Pihaknya sendiri dipatok harus mampu mencapai target minimal 10 persen dari jumlah penduduk yang wajib vaksin.

Jika dihitung dari jumlah sasaran 105.463 jiwa, maka target yang sudah berhasil dicapai kata Abai Saleh sekitar 15.819 warga.

“Kalau jumlah keseluruhan warga kami kan sekitar 132.298 jiwa,” tutur Abai Saleh.

Sementara untuk vaksin dosis 1 sendiri beber Abai Saleh sudah tercapai 100 persen, sedangkan dosis 2 mencapai sekitar 85 persen.

Meski demikian, dirinya mengaku belum puas dengan capaian terget sekitar 15 persen vaksin booster warga Dampit tersebut.

Untuk itu ia menghimbau kepada semua warga Dampit untuk mengikuti vaksin booster yang di lakukan pemerintah.

Bukan bertujuan untuk mengejar capaian target vaksin, tapi untuk menjaga keselamatan seluruh warga agar tidak terpapar covid meski saat ini kasusnya sudah melandai.

Terakhir dirinya mengungkapkan jika Kecamatan Dampit Zero Covid -19.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button