DaerahHeadlineMalang

Satu Desa Di Wagir Gelar Pilkades PAW

Malang,mitratoday.com – Satu desa di kecamatan Wagir Kabupaten Malang bakal menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) PAW.

Rencananya Pilkades PAW tersebut bakal diselenggarakan pada hari sabtu (16/7/2022) mendatang. Desa tersebut kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Eko Margianto adalah dengan desa Sukodadi Kecamatan Wagir.

Ia menjelaskan Pilkades PAW tersebut dilaksanakan untuk mengisi jabatan Kades lowong setelah Kades sebelumnya meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Karena kades sebelumnya yaitu Koko Rubianto meninggal dunia beberapa waktu lalu maka sesuai mekanisme yang ada harus segera di isi Kades lewat Pilkades PAW,” kata Eko Margianto, Jumat (15/7/2022).

Nantinya Kades terpilih hasil PAW tersebut lanjut Eko akan meneruskan sisa masa jabatan kades sebelumnya hingga tahun 2025 mendatang.

Lantas bagaimana mekanismenya, mantan Camat Kepanjen ini menjelaskan mekanisme Pilkades PAW tersebut sama dengan Pilkades PAW lainnya, yakni lewat musyawarah desa atau voting dengan melibatkan perwakilan warga desa.

“Kita lakukan lewat musyawarah, jika belum ada kesepakatan ya kita lakukan voting. Dari catatan kami peserta yang mengikuti musyawarah sebanyak 251 orang warga desa setempat.” tandas Eko Margianto.

Sementara calon Kades yang bakal memperebutkan Kades Definitif tersebut, beber Eko Margianto sebanyak 3 orang peserta.

Saat ini terang Eko, berbagai persiapan sudah dilakukan mulai pendataan hingga sosialisasi oleh Pemkab Malang. Sehingga diharapkan proses Pilkades PAW tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Itu harapan kami semua, apapun hasilnya kami minta semua warga desa bisa menerima, sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lancar aman sesuai harapan Pemerintah,” tutup Eko Margianto.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button