DaerahHeadlineriau

Sektor Pertanian Kabupaten Siak Semakin Maju

Siak,mitratoday.com – Sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau dengan luas lahan sawah mencapai 8.214 ha dan dengan produktivitas mencapai 34.960 ton pertahun.

Sebagai lumbung padinya Kabupaten Siak, Kecamatan Bungaraya hingga saat ini sudah terjadi peningkatan. Baik luas tambah tanam padi maupun peningkatan produksi.

“Suksesnya peningkatan produksi padi di Kecamatan Bungaraya khususnya, dan Kabupaten Siak umumnya tidak terlepas dari upaya pembinaan dan bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) kepada petani,” ujar Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, yang juga merupakan Gubernur Riau terpilih dalam keterangan pers Kemenko Kemaritiman, Rabu (16/1/2019).

Syamsuar menyampaikan hal ini saat Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak.

Beberapa agenda kunjungan kerja Menko Kemaritiman ini antara lain Peresmian pompanisasi pengairan sawah, penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat serta panen raya raya padi.

Menko Kemaritiman sangat mengapresiasi keberhasilan Bupati Siak menjadikan Kabupaten Siak semakin maju melalui pertanian. Hal ini diungkapkannya usai panen raya padi dengan menggunakan combine harvester bantuan Kementan di Kampung Bungaraya.

Luhut juga menyampaikan dalam kunjungan ini ia baru mengetahui, bahwa pompanisasi pengairan persawahan di Bungaran akan meningkatkan hasil produksi menjadi 3 kali lipat. Dengan provitas padi saat ini di Bungaraya rata-rata mencapai 7,7 ton/ha, tentunya petani akan semakin sejahtera.

“Itulah yang sangat diharapkan oleh pemerintah, petani bisa sejahtera melaui program-program yang telah di laksanakan” ujar Luhut.

Bantuan alat mesin pertanian yang telah diterima Kabupaten Siak dari Kementerian Pertanian di antaranya wheel traktor 46 unit, hand traktor 2 rotari 10 unit, hand traktor singkal 277 unit, pompa air 389 unit, alat tanam padi 92 unit, cultivator 88 unit, alat panen 10 unit, power threser 24 unit, dan handsprayer 88 unit.(Randi Mahesha)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button