DaerahHeadlineMalang

Selamatkan Korban Laka Laut, Dua Nelayan Sendangbiru Terima Penghargaan Kapolres Malang

Malang,mitratoday.com – Dua Nelayan asal Sendangbiru menerima penghargaan dari Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat pada Senin (27/6/2022).

Kedua nelayan tersebut kata Ferli Hidayat dinilai berjasa besar karena telah berhasil menyelamatkan 3 nelayan lainnya asal Sendangbiru yang mengalami kecelakaan laut di 113 mil dari dermaga Sendangbiru desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Keduanya adalah Bahtiar dan Asran warga Sendangbiru,” ujar Ferli Hidayat.

Mantan Ajudan Kapolri tersebut menambahkan penghargaan tersebut layak diberikan lantaran keduanya dinilai telah membantu tugas Polisi dan TNI AL dalam upaya menyelamatkan korbam kecelakaan laut yang terjadi pada hari Jumat (6/5/2022) lalu.

Ia menuturkan laut selatan sendiri dikenal memiliki ombak yang cukup ganas. Beberapa Kecelakaan laut kerap terjadi bahkan tak jarang menimbulkan korban jiwa. Sehingga sangat pantas jika upaya penyelamatan yang dilakukan Bahri dan Asran tersebut mendapatkan penghargaan.

Sementara Bahtiar kepada awak media mengaku jika dirinya kaget saat dipanggil Kapolres Malang dan menerima penghargaan. Apa yang dia lakukan murni untuk menyelamatkan nyawa sesama nelayan yang tengah melaut.

“Alhamdulillah, gak nyangka dapat penghargaan dari Pak Kapolres. Bagi kami ini bentuk perhatian pihak Kepolisian menghargai tugas masyarakat dalam membantu tugas Polisi,” kata Bahtiar.

Lebih jauh ia menjelaskan, dirinya menemukan salah satu korban Kapal Tenggelam Jauhari yang juga warga Sendangbiru mengapung dengan menaiki box tempat penyimpanan ikan.

Kebetulan kami juga melaut menggunakan kapal Mega Buana kok ada orang teriak minta tolong, saat kami dekati ternyata rekan nelayan yang terapung menggunakan box ikan jumat (13/5/2022) lalu. Setelah ditolong, kami bersama rekan lainnya langsung mengevakuasi Jauhari ke dermaga Sendangbiru,” tandas Bahtiar.

Dari Jauhari, terungkap jika masih ada dua rekannya bernama Zaini dan Adi Nur Maulana yang juga terapung di laut yang sama dengan menaiki box ikan. Alhasil Bahtiar dibantu aparat Satpol Airud dan anggota TNI AL melakukan pencarian.

Alhasil tidak jauh dari tempat penyelamatan Jauhari tim Satpol Airud dibantu warga berhasil menemukan dan menyelamatkan dua korban lainnya dan segera dievakuasi ke Dermaga Sendangbiru.

Kapal ketiganya sendiri lanjut Bahtiar tenggelam setelah ditabrak Kapal jenis sekoci yang tak diketahui asal-usulnya.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button