AdvertorialDaerahReligiriau

Semarak Ramadhan, DPRD Riau Adakan MTQ Ke-2 Tahun 2018

Pekanbaru, mitratoday.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau (DPRD) dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan tahun 1439 H menyelenggarakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-2  pada tahun 2018.

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Ketua DPRD Provinsi Riau, H Septina Primawati dan didampingi oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Riau, Dr H Masrul Kasmi serta disaksikan oleh para tamu undangan yang hadir, bertempat di Masjid Darul Abrar kompleks perkantoran Gedung DPRD Provinsi Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

“Dalam kultur masyarakat dan bangsa kita, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat. Even keagamaan ini telah menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif dan MTQ senantiasa memiliki daya tarik tersendiri dan ruang dalam berkehidupan masyarakat kita,” ucap Septina, Senin (28/0518).

Menurutnya, MTQ memiliki nilai tersendiri sebagai perekat kebersamaan dalam menyemarakkan bulan Ramadhan yang penuh Rahmat dan Maghfirah dari Allah S.W.T. kepada hambanya.

“Alhamdulillah, pada tahun yang kedua tahun 2018 ini, peserta MTQ menurut informasi dari Datuk Amby, bahwa jumlahnya bertambah. Tentu saja ini menunjukkan bahwa kecintaan kita kepada Alquran mudah-mudahan semakin meningkat,” ungkap Ketua DPRD Riau.

Lanjutnya, Kalam Illahi yang dilantunkan oleh Qori dan Qoriah diharapkan mampu menghadirkan suasana kesejukan bathin bagi kita dan memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan dalam kebersamaan anggota DPRD Provinsi Riau dengan masyarakat.

“Alquran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan, tidak habis untuk digali dan dikaji. Alquran mengisyaratkan seluruh air laut menjadi tinta ditambah seluruh pohon menjadi pena, pastilah tidak akan cukup untuk menulis kalimat-kalimat hikmat keagungan tuhan yang maha esa,” jelas Septina pula.

Sementara itu, Plt Gubernur dalam hal ini diwakilkan Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Drs H Masrul Kasmi mengatakan, MTQ perlu diselenggarakan terus menerus apa lagi dilakukan pada bulan Ramadhan. Karena di bulan ini sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk memperbanyak membaca Alquran.

“Alhamdulillah, ini sesuatu yang sangat istimewa dan memang banyak sekali MTQ yang dijalankan dan dilaksanakan oleh komponen-komponen masyarakat termasuk juga MTQ yang dilakukan dilingkungan ASN, ada MTQ Korpri, kemudian Perbankan juga mengadakan,” ujar Masrul Kasmi.

Dilanjutnya, dari beberapa kesempatan menjadi panitia penyelenggara dirinya kerap menyaksikan glamor dalam pelaksanaan, tapi kecil dalam penghargaan.

“Ini menjadi catatan kita, membuat Astaka bermilyaran, membuka acara seperti ini besar-besaran. Ternyata, kita lihat hadiah yang diberikan kepada Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah itu minim. Jadi ini memang kilas balik sesuatu hal contoh yang patut kita lakukan kedepan,” tutur Kabiro Kesra ini pula.

Sementara itu, Ketua pengurus Masjid Darul Abrar, Suhardiman Amby mengatakan, di MTQ tahun ini jumlah pesertanya mengalami peningkatan yakni yang semula (Tahun 2017) hanya hampir Enam puluh orang, sekarang meningkat menjadi 102 orang peserta. Dan di tahun berikutnya, diharapkan akan lebih banyak lagi.

Dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan piala bergilir DPRD Riau oleh Hj Septina dan Masrul Kasmi kepada Ketua pengurus Masjid Darul Abrar, Suhardiman Amby yang kemudian akan diperebutkan oleh para peserta lomba. (IS/ADV) 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button