DaerahSerdang BedagaiSumatera Utara

Serahkan Bantuan Traktor, Bupati Sergai Ajak Petani Berternak

Perbaungan,mitratoday.comMelihat potensi pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Serdang Bedagai, tentu merupakan sebuah peluang untuk meningkatkan perekonomi keluarga. Selain bertani, di waktu senggangnya para petani dapat melakukan kegiatan lain yang dapat menghasilkan keuntungan seperti berternak sapi.

Demikian disampaikan Bupati Sergai H Darma Wijaya pada acara penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Traktor Roda 2 (dua) kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan, Rabu (5/10/2022).

Bupati Darma Wijaya menyampaikan bahwa para petani yang juga memiliki hobi berternak dapat menggeluti dua profesi sekaligus. Hal ini tentu akan menambah penghasilan petani menjadi lebih signifikan, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat petani sekaligus peternak.

“Dari pengalaman saya, dalam peternakan sapi, kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar 50ribu perharinya dalam satu ekor. Dalam sebulan, petani akan mendapatkan hasil 1,5 juta dengan keuntungan 50% dari hasil itu,” terangnya sembari menambahkan jika berternak tak hanya sapi saja, namun bisa berterbak hewan lainnya yang bisa menghasilkan pendapatan.

Bang Wiwik, demikian akrab disapa menjelaskan bahwa Kabupaten Sergai dengan luas wilayah Ā± 190.000 hektar dengan 243 desa/kelurahan di 17 kecamatan memiliki potensi besar di bidang pertanian. Hal ini karena lahan sawah di Sergai memiliki 31.284 hektar berdasarkan data tahun 2021.

“Nah, untuk mempertahankan lahan sawah dari dampak pembangunan, bahkan menambah lahan pertanian sawah di Sergai, kita harus melakukan pencetaan lahan sawah baru. Hal ini agar ke depannya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini tetap bisa menjadi salah satu kabupaten swasembada pangan di Provinsi Sumut”, bebernya.

Berkaitan dengan problem pupuk bersubsidi, Bupati Darma Wijaya mengajak seluruh petani di Sergai untuk beralih menggunakan pupuk non subsidi, “Dengan mengganti penggunaan pupuk, maka kita telah meningkatkan pola tanam padi kita. Dengan peningkatan pola tanam, maka hasil yang didapat juga akan jauh lebih tinggi,” imbuh Bupati yang hadir didampingi Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar dan Kadis Pertanian Dedy Iskandar.

Terakhir, Darma Wijaya berpesan kepada 10 Gapoktan penerima bantuan, untuk merawat dan menggunakan bantuan itu dengan sebaik mungkin. “Penerima bantuan ini harus punya rasa memiliki, agar apa yang sudah ada dapat bertahan lama dan dapat lebih di manfaatkan orang banyak,” pungkasnya.

Adapun bantuan yang diberikan berupa traktor roda 2, dengan 10 Gapoktan penerima, yaitu Gapoktan Tani Keluarga Desa Besar II Terjun, Gapoktan Melati Desa Kuala Lama, Gapoktan Cempaka II Desa Gelam Sei Serimah, Gapoktan Makmur Desa Sei Buluh, Gapoktan Cemara II Desa Lubuk Cemara.

Selanjutnya Gapoktan Karya Mandiri Desa Tualang, Gapoktan Nyiur Desa Melati II, Gapoktan Melati Desa Melati II, Gapoktan Tirta Sari Desa Sei Priok, Gapoktan Madani Desa Huta Baru.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kepala Dinas Pertanian Sergai Dedy Iskandar mengajak seluruh Gapoktan untuk mengunjungi peternakan Sapi Babe di Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan.

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button