DaerahMalang

Sidak Dua Pasar Besar, Forkopimda Nilai Kegiatan Dipasar

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Kesadaran masyarakat khususnya pedagang dan pembeli dipasar-pasar di Kabupaten Malang untuk menerapkan protokoler kesehatan saat beraktifitas sudah meningkat,artinya masyarakat dinilai sudah mengerti dan memahami upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan Forkopimda Kabupaten Malang.

Hal diutarakan Komandan Satgas New Normal Life Kabupaten Malang Letkol Inf Ferry Muzawwad usai melakukan Sidak ke pasar Lawang dan Pasar Singosari rabu (3/6/2020).

Salah satu bentuk ketaatan tersebut diantaranya pedagang dan pembeli sudah menerapkan physical distancing seperti menjaga jarak ,menghindari kerumunan penggunaan masker ditambah ketersediaan wastafel untuk tempat mencuci tangan.

“Dipasar juga sudah menerapkan one gate system dan sistem ganjil genap untuk para pedagang, yaitu satu kios tutup dan satu kios buka,”ujar Ferry Muzawwad.

Hal yang sama ,lanjut Ferry , juga dilakukan pembeli saat berada di pasar. Para pembeli ,beber Ferry juga mesti melewati satu pintu yang dijaga petugas sebelum masuk area pasar, untuk menjalani tes suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke pasar.

Dari hasil sidak ini ,kami menilai tingkat kepatuhan masyarakat sudah baik ,tinnggal nantinya tugas kita untuk terus mensosialisasikan secara masif agar masyarakat terbiasa menjalankan protokoler kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 ini, meski masih ada saja sedikit orang yang tidak menggunakan masker.

Sementara Wadansubsatgas New Normal Life AKBP Hendri Umar SIK.MH membenarkan jika dikedua pasar yang dikunjungi sudah menerapkan kebijakan One-Gate System.

“Hal ini kami terapkan agar mengurangi mobilisasi pengunjung di pasar. Dan supaya bisa mengontrol juga,” beber Hendri

Untuk mempertahakan kedisiplinan para pembeli dan pedagang di pasar, Satgas New Normal Life kabupaten Malang menempatkan pula personel TNI dan Polri yang berjaga di pintu masuk dan keluar pasar.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button