Soal WNA, Dewan Minta Pengawasan Dilakukan Terintegrasi

Malang,mitratoday.com – Iklim investasi yang semakin berkembang di Kabupaten Malang, dinilai menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk memajukan sektor perekonomian sebuah daerah.

Hal ini diterangkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, H Miskat SH.MH yang menyebutkan jika Kabupaten Malang ingin semakin berkembang maka iklim investasi harus digenjot.

“Harus dilakukan (Investasi) agar Kabupaten Malang semakin berkembang karena kehadiran para investor kan sangat penting, salah satunya seperti Penanaman Modal Asing (PMA),” ujar Miskat, Rabu (10/8/2022).

Kendati demikian, diakuinya akan ada dampak yang ditimbulkan terutama investasi asing, karena bisa dipastikan akan banyak tenaga-tenaga orang asing yang dilibatkan.

Hal ini menurutnya juga harus dijadikan atensi bersama tidak hanya Pemerintah, TNI, Polri tapi juga masyarakat.

Makanya menurut kami pengawasan secara terintegrasi patut dilakukan mulai ditingkat pusat hingga ke daerah, artinya harus ada sinergitas yang baik sehingga pengawasan -pengawasan tersebut efektif,” ulas Politisi asal Wajak tersebut.

Meski secara legal formal pengawasan tersebut menjadi tanggung jawab Keimigrasian, tapi harus mendapat dukungan lintas sektoral hingga ke masyarakat secara langsung.

Hal ini menurut politisi Partai Golkartersebut dinilai sangat penting karena kehadiran WNA membawa dampak sosial tersendiri dengan kultur budaya, agama, dan adat yang berbeda.

“Jika kultur budaya itu sesuai dengan kaedah bangsa,ya kita gak mempermasalahkan, tapi jika kultur yang dibawa justru bertentangan dengan kaedah dan ideologi bangsa ini, ya pasti menjadi persoalan tersendiri, makanya pengawasan terintegrasi itu sangat penting dilakukan sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Miskat.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version