Solidaritas Tukang Ledeng Jatim Droping Air Bersih Pelanggan PDAM Kota Malang

Penulis : Sigit
Editor   : Redaksi

Malang,Mitratoday.com-Solidaritas tukang Ledeng Jawa Timur memberikan bantuan berupa suplai air bersih kepada masyarakat pelanggan air PDAM Kota Malang. Hal ini dilakukan lantaran salah satu jaringan pipa transmisi di sumber pitu Tumpang mengalami kerusakan.

Akibat kerusakan tersebut beberapa pelanggan diwilayah kota Malang mengalami kesulitan air.

Koordinator Tukang Ledeng Jawa Timur H.Syamsul Hadi, S.Sos.MM  mengatakan pihaknya sengaja memberikan bantuan air bersih melalui truk tangki milik beberapa anggota paguyuban tukang ledeng Jawa Timur untuk menyuplai beberapa wilayah yang mengalami kesulitan air pasca kerusakan jaringan transmisi tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas antar sesama anggota paguyuban tukang ledeng Jawa timur.

“Hingga saat ini sudah 12 truk tangki milik anggota Perpamsi yang standby siap membantu suplai air bersih pelanggan PDAM Kota Malang. Kami juga menghimbau kepada Seluruh anggota paguyuban tukang ledeng Jatim untuk membantu PDAM Kota Malang menyuplai air bersih ke pelanggan warga Kota Malang,”kata Syamsul Hadi selasa (14/1/2020).

Syamsul yang juga Dirut Perumda Tirta kanjuruhan ini menandaskan, bantuan tersebut akan terus diberikan hingga perbaikan jaringan transmisi di Sumber Pitu selesai diperbaiki.

Syamsul menjelaskan pihaknya melalui bagian teknik siap untuk membantu perbaikan jaringan tersebut, meski demikian hal ini akan dikoordinasikan dengan bagian teknik PDAM Kota Malang.

“Distribusi PDAM Kota Malang , selama ini menggunakan sistem pompanisasi , sedangkan yang mengalami kerusakan ini menggunakan sistem gravitasi , nah karena di Kabupaten Malang selama ini distribusi air bersih ke pelanggan lebih banyak menggunakan sistem gravitasi maka dengan pengalaman kami, siap membantu PDAM Kota Malang untuk melakukan perbaikan,”ulas Syamsul.

Sistem gravitasi sendiri lanjut Syamsul, adalah sebuah teknik mendorong air dari dataran tinggi ke dataran rendah. Artinya seketika terjadi trouble membutuhkan waktu untuk kembali normal.

“Artinya air ini kan harus didorong pelan-pelan, tidak serta merta begitu ada perbaikan jaringan yang rusak langsung selesai dan kran air siap dibuka, tapi harus bertahap karena di pipa jaringan pasti ada tekanan udara yang harus dibuang pelan-pelan, jika tidak, tekanan udara yang berada dipipa bisa meledak karena fluktuasi tekanan udara yang sangat kuat,” beber Syamsul.

Syamsul berharap perbaikan jaringan transmisi di Sumber Pitu bisa segera diselesaikan, sehingga distribusi air bersih masyarakat pelanggan air minum PDAM Kota Malang dapat kembali normal. Meski demikian Syamsul memastikan bahwa PD Perpamsi Jawa Timur akan terus memberikan bantuan suplai air bersih pelanggan PDAM Kota Malang sampai perbaikan jaringan rampung dikerjakan sehingga masyarakat pelanggan PDAM Kota Malang kembali dapat menikmati fasilitas air bersih.

Berikut daftar anggota paguyuban tukang ledeng Jatim yang siap memberikan bantuan suplai air bersih melalui tangki air ke pelanggan PDAM Kota Malang

  1. Kabupaten Malang 2 Unit
  2. Kabupaten Ponorogo1 unit
  3. Kabupaten Mojokerto 1 unit
  4. Kabupaten Banyuwangi 1 unit
  5. Kabupaten Ngawi 1 unit
  6. Kabupaten Tulungagung 1unit
  7. Kabupaten Magetan 1 unit
  8. Kabupaten Situbondo 1 unit
  9. Kota Batu 2 unit
  10. Kab Madiun 1 unit

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close