Daerahjawa TimurPolitikSurabaya

Survey ARCI : Gerindra Alami Kenaikan Di Jatim Memepet PDIP, PKB Urutan Pertama

Surabaya,mitratoday.com – Berbagai upaya dilakukan Partai Politik menjelang pemilu 2024, padahal kontestasi politik tersebut masih masih dua tahun lagi.

Namun berbagai lembaga sudah banyak melakukan rilis surveynya, baik kepada partai politik maupun Kandidat calon Presiden 2024.

Salah satunya Lembaga Survey Accurate Research And Consulting Indonesia menyampaikan hasil survei terbaru partai politik di Provinsi Jawa Timur, yakni Elektabilitas Partai Gerindra mulai mendekati PDI Perjuangan.

“Hasil survei kita, PKB saat ini nomor satu, nomor dua PDIP. Namun yang menarik, kenaikan elektabilitas yang signifikan dari Partai Gerindra yang kini mulai mendekati PDIP,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirait saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/2/2022), seperti dilansir dari beritajatim.com.

ARCI membeberkan, elektabilitas PKB saat ini masih tertinggi di Jawa Timur dan mengalami sedikit peningkatan. Berbanding terbalik dengan PDIP yang justru menurun.

“PDIP ini mulai menurun di Jawa Timur, kalau PKB sedikit meningkat. Faktornya bisa dikatakan ini dampak dari safari politik dari Ketum PKB di Jatim,” jelasnya.

Lebih lanjut Baihaki, katakan bahwa ada elektabilitas parpol yang naik drastis, yakni Partai Gerindra. Pada rilis ARCI Oktober 2021 lalu, elektabilitas Gerindra 13,5 persen. Sementara pada Januari 2022 ini, elektabilitas Gerindra naik menjadi 15,2 persen.

“Hari ini, milenial di Jatim mulai memilih Gerindra. Ini salah satu faktor yang membuat elektabilitas Gerindra naik, dan mendekati PDIP. Apalagi, faktor Ketua DPD Gerindra yang merupakan representasi NU ini juga membuat partai yang ideologinya nasionalis, juga dilirik oleh warga Nahdiyin, dalam hal ini Gerindra,” terangnya.

Menurut Baihaki, tren Gerindra di Jatim berpotensi menggeser PDIP. “Sangat besar peluang Gerindra tidak hanya jadi partai 3 besar, tapi partai dua besar mengalahkan PDIP di Jatim,” imbuhnya.

Survei ARCI Pemilu 2024, Baihaki juga membeberkan elektabilitas sejumlah partai yang merosot. Seperti Golkar dan Demokrat.

“Temuan kita memang Golkar dan Demokrat ini justru menurun. Trennya sama dengan PDIP yang juga turun,” tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Margin of eror’ sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei ARCI terkait elektabilitas parpol di Jatim :

1. PKB 23,6 persen
2. PDIP 17,1 persen
3. Gerindra 15,2 persen
4. Golkar 10,1 persen
5. Demokrat 8,2 persen
6. PPP 4,7 persen
7. Nasdem 4,5 persen
8. PKS 2,9 persen
9. PAN 2,8 persen
10. Perindo 1,9 persen
11. Hanura 0,5 persen
12. Berkarya 0,3 persen
13. PSI 0,2 persen
14. PBB 0,2 persen
15. PKP 0,1 persen
16. Gelora 0,1 persen
17. Partai Ummat 0,08 persen

  • Belum memilih 7,52 persen

Sumber : beritajatim.com

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button