DaerahHeadlineMalangPolitik

Surya Paloh Raih Doktor Honoris Causa Universitas Brawijaya

Malang,mitratoday.com – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh meraih gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) Universitas Brawijaya, Senin (25/7/2022).

Dalam orasi ilmiahnya bertema Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan, Surya Paloh menjelaskan situasi yang mulai hangat menjelang tahun politik 2024 mendatang.

“Hal ini lantaran di tahun 2024 mendatang Bangsa Indonesia akan menggelar Pemilihan serentak. Mulai Legislatif, Kepala Daerah hingga Pemilihan Presiden (Pilpres).” Kata Surya Paloh.

Menurutnya, keberadaan lembaga-lembaga politik dalam kehidupan bernegara pasti meniscayakan adanya kehidupan politik.

Namun, hal itu dapat dipahami bahwa sebutan tersebut tentu merujuk pada momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Setiap harinya kita berpolitik. Bukan hanya di tahun ini saja. Situasi dan interaksi para elit partai kini semakin dinamis, berbagai spekulasi politik pun terus bergulir,” ujar Surya Paloh dalam orasinya.

Di tahun ini lanjut Surya Paloh, setiap partai politik mulai mempersiapkan diri dengan memanaskan mesin politiknya masing-masing untuk mengetahui elektabilitas atau kekuatan internal dan lawan politik.

“Hal ini sebuah pemandangan yang lazim dalam kehidupan berpolitik di tanah air menjelang kontestasi politik lima tahunan tersebut.” Tandasnya.

Pemilu ini, kata Surya Paloh merupakan sebuah mekanisme yang telah disepakati bersama untuk melakukan pergeseran kekuasaan. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi monopoli kekuasaan salah satu pihak.

“Artinya esensi demokrasi yang sejak era modern lahir telah menjadi antitesis dari sistem kekuasaan yang sebelumnya dimiliki kelompok politik atau golongan tertentu,” lanjut Surya Paloh.

Sebuah kekuasaan menurutnya menjadi sebuah bagian yang tak terpisahkan dari politik. Bahkan menjadi ekspresi dominan dari politik lantaran identik, segala sesuatu terkait kekuasaan.

“Sebab tanpa kekuasaan, mustahil kiranya sebuah program politik bisa direalisasikan,” beber Surya Paloh.

Ia mengibaratkan politik seperti tubuh manusia, untuk mencapai tujuan harus melalui berbagai persyaratan seperti kekauatan raga untuk berjalan dengan jiwa penuh kesadaran.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang dari Fraksi Nasdem, Sodikul Amin menilai anugerah Doktor HC yang diraih Ketum Nasdem Surya Paloh menjadi spirit dan motivasi bagi DPD Nasdem Kabupaten Malang untuk meraih sukses.

Kesuksesan tersebut terutama dengan bertambahnya jumlah kursi di Dewan Kabupaten Malang.

“Ini jadi semacam spirit bagi kita di Kabupaten Malang ya, untuk memperoleh kursi lebih banyak di Parlemen. Karena sosok beliau ini bukan hanya sekedar Politikus saja, tapi sosok negarawan yang hebat dengan berbagai pemikiran-pemikiran cemerlang bagi tanah air,” pungkas Sodikul Amin .

Pendapat seperti ini lanjut Sodikul Amin pasti juga sama dirasakan semua kader Nasdem di tanah air. Lewat tangan dinginnya Nasdem mampu bermetaforfosis menjadi sebuah partai besar yang diperhitungkan.

“DPD Nasdem Kabupaten Malang sendiri merasa bangga atas anugerah tersebut. Bahkan sekitar 250 orang simpatisan Nasdem ikut mengawal proses penganugerahan Doktor HC Surya Paloh.” Tutupnya.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button