Home » Daerah » Tahun 2020 Baznas Targetkan Bedah Rumah 500 Unit

Tahun 2020 Baznas Targetkan Bedah Rumah 500 Unit

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Tahun 2020 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang memasang target tinggi mampu melakukan bedah rumah bagi masyarakat miskin sebanyak 500 unit.

Kepala Baznas Kabupaten Malang KH.Drs.Khoirul Hafidz Fanani menilai target yang dicanangkan tersebut realistis karena masih banyaknya angka masyarakat miskin di Kabupaten Malang.

“Ini meningkat dari tahun 2019 ya, tahun 2019 kita selesaikan 374 bedah rumah masyarakat miskin di seluruh Kabupaten Malang,”kata Gus Hafidz sapaan akrab pengasuh Ponpes di Tajinan ini,Senin (24/2/2020).

Ditanya plot dana yang dibutuhkan untuk bedah rumah tersebut, Hafidz mengatakan kebutuhan dana untuk bedah rumah pihaknya menyebut relatif, didasarkan pada kebutuhan biaya rumah yang dibedah.”Mungkin kita sesuaikan dengan biaya bedah rumah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Ciptakarya (DPKPCK) sebesar Rp 15 juta per rumah,”beber Hafidz Fanani.

Selain bedah rumah, lanjut Hafidz Fanani pihaknya juga tetap menyalurkan zakat yang terkumpul dari ASN di Pemkab Malang, melalui berbagai program mulai bantuan sembako, bantuan beasiswa dan berbagai program lainnya.

“Apalagi di RPJMD Kabupaten Malang kan salah satunya ada program pengentasan kemiskinan makanya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan program penurunan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Malang. Mekanismenya kan juga berbeda ya ada bantuan sosial, bantuan sembako, beasiswa sekolah masyarakat miskin dan juga program bedah rumah ini,”tutur Hafidz Fanani.

Ia berharap dengan kerjasama yang baik atar lembaga di Kabupaten Malang ini, semua program yang berhubungan dengan pengentasan kemskinan dapat terlaksana dengan baik, sehingga diharapkan kedepan masyarakat miskin di Kabupaten Malang semakin berkurang secara signifikan salah satunya program bedah rumah yang dilakukan Baznas Kabupaten Malang ini.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.