DaerahMalang

Tandatangani Kerjasama, Pemkab Malang Sepakati Pengembangan Akses TNBTS

Penulis :  Sigit

Malang,Mitrayoday.com-Pemerintah Kabupaten Malang menandatangani naskah kerjasama pengembangan jalan dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  (TNBTS) rabu (15/7/2020).

Bupati Malang HM.Sanusi menyebutkan penandatanganan kerjasama ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata yang sudah menjadi salah satu bagian penting pembangunan Nasional

“Pariwisata di TNBTS sudah menjadi bagian penting pembangunan nasional yang akan membawa dampak terhadap peningkatan  sosial ekonomi di daerah terutama untuk mengurangi angka kemiskinan. Ditetapkannnya TNBTS ini menjadi berkah bagi Kabupaten  Malang karena menjadi salah satu pintu masuk utama menuju kawasan TNBTS dengan berbagai destinasi wisata yang dimiliki,”kata Sanusi.

Sanusi mencontohkan, akses dari Kabupaten Malang banyak dihuni berbagai wisata diantaranya desa wisata Gubuklakah, Desa Adat Ngadas dan wisata Air Terjun yang menghiasi perjalanan wisatawan yang akan berkunjung ke TNBTS.

Untuk semakin meningkatkan kunjungan wisata, lanjut Sanusi butuh akses jalan yang memadai sehingga diharapkan akses dari Kabupaten Malang menjadi alternatif utama menuju TNBTS. Saat ini ada sekitar 60 homestay di desa Ngadas yang siap menjadi jujugan wisatawan untuk bermalam sembari menikmati keindahan alam pegunungan di kawasan Nasional tersebut.

Sanusi memastikan bahwa Pemkab Malang akan terus mendukung program percepatan  pembangunan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat salah satunya TNBTS tersebut.

Sementara Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup Ir.Wiratno.Msc menilai dicapainya kesepakatan berupa penandatanganan Kerjasama antara TNBTS dengan Pemkab Malang merupakan bentuk dukungan Pemda terhadap kelangsungan TNBTS sebagai salah satu destinasi andalan Indonesia. Kabupaten Malang sendiri kata Wiratno dinilai selama ini sangat serius menyiapkan berbagai akses destinasi tambahan sebagai pelengkap akses menuju TNBTS.

“Ini bagi kami (Kementerian LH) bukti keseriusan Pemda terhadap pengembangan TNBTS sebagai salah satu aset pariwisata Nasional. TNBTS diliputi empat Pemda yang mempunyai akses memadai .Dengan demikian kita berharap Pemkab Terus mendukung program tersebut dengan ketersediaan akses jalan yang memadai dan berkualitas,”tutur Wiratno

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button