DaerahJawa Tengah

Tari Gambyong Sambut Wagub Jateng

Rembang, mitratoday.com – TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-103 TA. 2018 Kodim 0720/Rembang pada hari Senin (15/10) telah dilaksanakan upacara pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jateng (KH. Taj Yasin Maemoen).

Kedatangan Wagub Jateng tersebut disambut dengan Tari Gambyong, tarian itu diperagakan oleh Siswi-siswi SMAN 1 Kecamatan Sulang pimpinan Ibu utari Guru SMAN 1 Sulang.

Tari Gambyong adalah kesenian tari yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari daerah Surakarta. Jari jemari yang lentik anak-anak SMA itu membuat tariannya semakin indah dan menarik serta enak dipandang.

Tari gambyong merupakan tarian hasil kreasi baru dari perkembangan tari tayub. Tarian ini biasannya ditampilkan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi. Tarian ini dipercayai oleh masyarakat untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi, supaya dia memberikan berkah kepada sawah mereka dengan hasil panen yang melimpah ruah.

Nama gambyong sendiri sebenarnya berasal dari nama seorang penari terkenal pada waktu itu, yaitu Sri Gambyong. Penari terkenal Sri Gambyong itu memiliki suara yang sangat indah dan keluwesan dalam menari telah menarik perhatian banyak masyarakat dan wisatawan, demikian sekilas asal-usul Tari Gambyong.

Secara terpisah Komandan Kodim 0720/Rembang mengucapkan terima kasih kepada kelompok-kelompok Seni yang mau ikut memeriahkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD, karena tanpa dimintapun mereka mau ikut memberi dukungan moril kepada Satgas kami dilapangan. (0720)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button