DaerahHeadlineriau

Tekan Angka DBD, Kadinkes Dumai Imbau Warga Jaga Kebersihan

Dumai,mitratoday.com- Meningkatnya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Dumai diakui Dinas Kesehatan sebagai siklus 5 tahunan yang terjadi hampir diseluruh daerah.

Hingga saat ini meski mengalami peningakatan jumlah penderita DBD pemerintah Kota Dumai belum menetapkan status siaga DBD.

“Ini merupakan siklus 5 tahunan, dalam artian setiap 5 tahun sekali akan terjadi peningkatan jumlah penderita DBD sesuai dengan siklusnya. Perkara DBD Dumai masi dapat kita tanggulangi sehingga belum kita tingkatkan status siaga DBD di Kota Dumai,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Faisal SKM, Kamis (07/01/2019).

Dijelaskannya, untuk saat ini ada 3 dari 7 Kecamatan di Kota Dumai yang rawan akan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aides aegypti ini, yakni Kecamatan Dumai Timur, Kecamatan Dumai Kota dan Kecamatan Dumai Selatan,”Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan, Kelurahan dan bahkan tingkat RT untuk menggiatkan gotong royong dilingkungan mereka guna mencegah berkembangnya nyamuk Aedes aegypti dan kegiatan ini sudah berjalan,” jelas Faisal.

Lanjutnya menambahkan, untuk pencegahan dini usai gotong royong langsung melakukan foging dilokasi tersebut dan membagikan bubuk abate guna ditaburkan ditempat penampungan air masyarakat agar nyamuk aedes aegypti tidak berkembang.

“Intinya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih guna menghindari penyakit demam berdarah ini masih rendah. Kita menghimbau pada masyarakat untuk lebih peduli akan kebersihan lingkungan mereka,” tutup Faisal.(Bambang s)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button