Tempati Gdung Baru, Siapkan Kenyamanan Bisnis Air Minum

Malang, mitratoday.com – Kenyamanan pelayanan pelanggan air minum di Kabupaten Malang menjadi target khusus yang di kejar PDAM Kabupaten Malang, pasalnya jumlah pelanggan air minum di Kabupaten Malang yang semakin meningkat butuh perhatian dalam hal kenyamanan pelayanan. Salah satu bentuk layanan tersebut yakni dengan di resmikannya gedung kantor pusat PDAM oleh Plt Bupati Malang HM Sanusi senin kemarin (29/10).

Dirut PDAM Syamsul Hadi mengatakan pembangunan gedung baru ini di laksanakan dua tahap, menggunakan anggaran PDAM sendiri mulai tahun 2017 dan tahun 2018 senilai Rp 10 miliar.

Syamsul menjelaskan kantor pusat PDAM yang di tempati sejak tahun 2003 ini bekas Kantor Dinas Penerangan Kabupaten Malang dengan jumlah pegawai 120 pegawai.

“Tentu kondisinya kurang memadai, makanya kami bangun gedung baru yang lebih representatif menggunakan anggaran PDAM dengan tujuan membentuk lingkungan kerja pegawai menjadi lebih nyaman,” ujar Syamsul.

Selain itu gedung kantor pusat PDAM ini berfungsi sebagai pusat pengendalian seluruh proses bisnis ya g di lakukan PDAM Kabupaten Malang. “Berbagai bentuk layanan dan informasi pelanggan tersedia di sini,” imbuh Syamsul.

Ia menyadari sebagai salah satu BUMD , pihaknya mengemban tugas yang berat yakni menyediakan pemenuhan kebutuhan rakyat terhadap air minum, sehingga PDAM di tuntut dapat memberikan fasilitas dan layanan berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.

Makanya PDAM Kabupaten Malang telah melakukan berbagai perbaikan pelayanan secara kontinyu dengan penerapan empat prioritas strategi, mulai penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001, membangun sarana infrastruktur, penerapan human capital management, hingga membangun teknologi informasi terintegrasi.

“Sejak 2006 PDAM Kabupaten Malang membangun teknologi informasi terintegrasi di antaranya layanan pembayaran online melalui penerapan SOPP agar pelanggan dapat membayar tagihan di seluruh indonesia, kemudian MMR yakni sistem pembacaan meteran air, SMS Gateaway, yakni akses pengaduan pelanggan melalui SMS center dan Sistem Informasi Manajemen,” papar Syamsul selasa (30/10).

Sistem informasi manajemen, menurut Syamsul adalah sebuah sistem untuk mempercepat proses yang ada di kantor pusat PDAM Kabupaten Malang, meliputi Aplikasi SIM-BAH yakni aplikasi Hibah Air minum, aplikasi E Surat yang dapat di apload di smartphone, E absensi, SIKOMPAK, WEB-GIS.

“Sistem ini bisa di download di aplikasi smartphone, tujuannya yakni memberikan layanan smart kepada masyarakat,” tukasnya. Selain meresmikan gedung kantor pusat PDAM Kabupaten Malang di kawasan Pakisaji, BUMD satu ini juga membangun gedung baru layanan PDAM di Kecamatan Pagak dan launching Aplikasi milik PDAM Kabupaten Malang. (GT)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.