DaerahHeadlineMalang

Terbanyak Se Jatim, 20 Desa Masuk Program Pemprov

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com – 20 Desa di Kabupaten Malang dipilih Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti Program Desa Berdaya 2021.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Drs H Suwadji.Sip.Msi menyebutkan bahwa Kabupaten Malang merupakan yang terbanyak terkait jumlah desa yang terpilih mengikuti Program yang diinisiasi oleh Pemprov Jatim tersebut.

Lantas seperti apa konsep desa Berdaya tersebut, Suwadji menjelaskan bahwa konsep desa Berdaya tersebut lebih ke arah peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa itu sendiri. Dari potensi itulah, imbuh Suwadji, maka ke 20 desa tersebut wajib untuk membranding dan mengekspos hingga dilaunching.

Membranding inilah yang wajib dilakukan oleh desa-desa terpilih tersebut dan diekspos agat mempunyai ciri khas tersendiri di setiap desa,” ujar Suwadji jumat (17/12/2021).

Dari 20 desa terpilih tersebut, potensi yang dimiliki, lanjut mantan Kabag Humas Pemkab Malang tersebut didominasi produk olahan makanan, disusul potensi seni dan budaya termasuk didalamnya adalah pariwisata.

Sementara tugas pemerintah sendiri, lanjut mantan Camat Kepanjen tersebut adalah terus melakukan pembinaan, pendampingan dan monitoring serta evaluasi terhadap pengembangan desa tersebut. Hal ini terang Suwadji untuk menyelaraskan pengembangan potensi tersebut dengan kebijakan Pemkab Malang yang menekankan one village one production dan one village one destination.

Terakhir, dengan adanya Program Desa Berdaya tersebut ulas Suwadji dapat menjadi pemicu meningkatnya taraf ekonomi lewat pemberdayaan potensi yang dimiliki di setiap desa.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: