Terima Penghargaan Kementerian Pertanian, Bupati Malang: Kerja Kita Bersama

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com – Pemkab Malang resmi menerima penghargan nasional Kategori Daerah Pengembangan Kawasan Hortikultura Terbaik tahun 2020 dari Kmenterian Pertanian (Kementan) dihari Kemerdekaan RI ke 75 tahun di Jakarta, Senin (17/8/2020). Penghargaan spesial ini diserahkan langsung Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.MSi.MH kepada Bupati Malang HM.Sanusi seusai mengikuti upacara bendera secara virtual Peringatan Hari Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia dari Istana Negara.

Penghargaan tersebut diberikan lantaran Pemkab Malang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dinilak sukses melakukan pengembangan Kawasan Hortikultura buah buahan di Kabupaten Malang. Terutama pengembangan yang selama ini dilaksanakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Malang pada buah Alpukat varietas Pameling yang bertempat di Kecamatan Singosari dan Lawang.

Bupati Malang dalam rilisnya mengatakan bahwa penghargaan tersebut milik bersama seluruh masyarakat Kabupaten Malang. Tanpa dukungan masyarakat, kata Sanusi, usaha Pemkab untuk mengembangkan tanaman holtikultura tidak akan berhasil.

Ini milik seluruh masyarakat Kabupaten Malang khususnya para petani yang menjadi salah satu pejuang utama di Kabupaten Malang,”ujar Sanusi.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Ir.Budiar Anwar.Msi ,saat dihubungi menjelaskan selama tiga tahun terakhir produksi tanaman buah Alpukat Varietas Pameling berada di atas rata-rata produksi nasional.
“Hasil produksi pertanian yang dikembangkan di urutan terbaik antara lain alpukat varietas Pameling ini mampu mencapai 14,77 Ton/Hektar, Jeruk : 81,04 Ton/Hektar, dan Apel : 155,91 Ton/Hektar di wilayah Singosari dan Lawang,”kata Budiar Anwar

Mantan Kabag Humas ini menyebutkan , saat ini pihaknya tengah mengembangkan salak varietas pondoh organik dengan produktivitas mencapai 30 ton/ha dan juga tanaman buah Kesemek produktivitas 50 ton/ha. Tanaman buah pisang mas kiranasaat ini juga telah dikembangkan dengan sistem pertanian organik dengan produktivitas 40 ton/ha.

Kita akan dikembankan tanaman buah Manggis dan juga Durian Lokal Malang yang saat ini sedang dalam proses pengajuan menjadi varietas unggul Nasional,” pungkas Budiar

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close