ArtikelHeadlinependidikan

Terlalu Nyaman Duduk Ternyata Berbahaya

Duduk terlalu lama akan mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung, sehingga hal itu dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan menyebabkan lemak berbahaya dalam darah. Duduk terlalu lama juga akan merusak fungsi pembuluh darah dan meningkatkan rasa lapar.

Michael (2012) menemukan bahwa umur panjang meningkatkan risiko kematian dini. Study lain telah menghubungkan obesitas jangka panjang, gula darah tinggi dan tekanan darah, dan kadar kolesterol normal. 

Menggunakan rutinitas ini terlalu sering meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi.  Meskipun mereka berdua adalah Silent Killer. Beberapa dokumen menunjukkan bahwa duduk 3 jam berturut-turut akan memperpendek umur kita hingga 2 tahun.

Watson (2014) melaporkan bahwa lebih banyak jam dihabiskan di tempat kerja, mengemudi, tidur di kursi untuk observasi. TV antara lain lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung dan kanker. Gibbons et al (2000) menyarankan bahwa aktivitas fisik dapat menghalangi untuk mencegah kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Aktivitas fisik berbeda dengan olahraga. Sikat, pel, sapu, dll adalah aktivitas fisik, bukan olahraga karena tidak mengikuti prinsip Frekuensi, Intensitas, Waktu, Jenis. Dengan begitu, sikat, pel, dan cucian lebih baik daripada tidur dan tidak duduk seharian.

Dapatkan 150 menit aktivitas fisik (termasuk olahraga) setiap minggu. Durasinya 20-30 menit per hari. Bagi setiap orang yang sulit untuk mengurangi waktu duduk yang terlalu lama misalnya ketika bekerja atau aktivitas lainnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah berbagai macam bahaya karena terlalu lama duduk;

  1. Pasang alarm setiap 30 menit sebagai pertanda untuk berdiri sejenak atau melakukan aktivitas lainnya pada saat bekerja.
  2. Coba untuk melakukan sesuatu dengan berdiri.
  3. Gunakan kursi ergonomis yang mendukung posisi tubuh pada saat duduk.
  4. Ketika berkendara menggunakan layanan umum seperti KRL hendaknya berdiri.
  5. Mengganti saluran TV dengan mendekati TV, tidak menggunakan remote control.
  6. Melakukan kegiatan membersihkan ruangan, selain membuat ruang bersih namun hal itu juga akan menyehatkan.

Dengan mengetahui bahaya duduk terlalu lama, mulai sekarang usahakanlah untuk lebih aktif dan bergerak lebih banyak. Walau mungkin awalnya sulit, jika dilakukan secara bertahap maka akan terbiasa.

Kontributor : Putri Elisabet Mahasiswi Universitas Pamulang

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button