DaerahHeadlinejawa Timur

Tiba  DI Bumi  Arema , Piala ADIPURA Ke  11 Di Arak Menuju  Kepanjen

Malang,mitratoday.com -Raihan penghargaan piala Adipura ke 11 yang di raih Kota Kepanjen seakan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Malang. Terbukti animo masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikan pawai arak-arakan piala Adipura yang menjadi bukti , bahwa kabupaten Malang mampu menjadi salah satu ikon nasional di bidang pengelolaan sampah,pada selasa (15/1).


Piala Adipura itu sendiri telah tiba di bumi Arema dari ibukota Jakarta selasa siang bersama Plt Bupati Malang HM Sanusi di dampingi Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, usai menerima dari Wakil Presiden Jusuf Kalla senin kemarin (14/1). Setiba di Bandara Abdurahman Saleh piala Adipura diarak keliling melintasi sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Malang pada hari Selasa (15/1) siang. Start dari Bandara Abdurahman Saleh Kecamatan Pakis, rute Pawai Adipura melintasi Bululawang, Gondanglegi hingga mendarat di Pendopo Kepanjen untuk dilakukan prosesi penyerahan dari Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM kepada Camat Kepanjen, Abai Saleh di Pendopo Kantor Bupati, Kota Kepanjen.
Sanusi mengatakan , Penghargaan Adipura ini menjadi salah satu indikator semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kebersihan dan keindahan lingkungan serta populasi vegetasi, sekaligus kepedulian dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi dimasa mendatang. ”Penghargaan ini hendaknya, semakin memotivasi kita untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan masing-masing. Karena penghargaan ini akan semakin bermakna, manakala kesadaran untuk menjaga kebersihan dan lingkungan telah membudaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Malang,”ujar Sanusi. Selain itu , Sanusi menambahkan bahwa raihan penghargaan piala Adipura ini merupakan prestasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Malang mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Maka menjadi kewajiban kita pula untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi tersebut,” terang Politisi PKB ini.
Sementara itu , Camat Kepanjen Abai Saleh mengaku bersyukur bahwa Kota Kepanjen kembali meraih Piala Adipura ini. “Ini yang ke 11 kami menerima , tentunya penghargaan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk semakin inovatif menciptakan Kota Kepanjen yang bersih,” ujar Abai.
Senada dengan HM Sanusi , Mantan Kabag Pertanahan ini, raihan penghargaan Adipura ini bukan hanya milik Kota Kepanjen , namun milik semua masyarakat Kabupaten Malang yang telah ikut berperan dalam menciptakan lingkungan yang bersih melalui kesadaran akan menjaga kebersihan di wilayahnya. “Dengan prestasi ini kami mengajak masyarakat untuk terus memiliki kepedulian lingkungan dan pengelolaan sampah sesuai program pembangunan Pemkab Malang. Selain itu Pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup juga memberikan penghargaan kinerja pengurangan sampah diberikan pada kota yang punya inovasi penting dalam pengurangan sampah, melalui implementasi pembatasan kantong plastik, serta meningkatkan daur ulang plastik melalui TPS 3R dan Bank Sampah kepada 11 kota,”tutup Abai.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button