DaerahSumatera Utara

Tim Penggerak PKK Sumut Lakukan Pembinaan UP2K Di Desa Silalahi I

Penulis : Zef

Dairi,Mitratoday.com-Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi menerima kunjungan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang akan melakukan pembinaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) di Desa Silalahi I sebagai desa binaan PKK Kabupaten Dairi pada Jumat (24/7/2020).

Kunjungan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan baik di Kantor Kepala Desa Silalahi I oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Drs. Junihardi Siregar, MM, Kepala Desa Silalahi I Anggiat Sihaloho, Perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Dairi, Anggota PKK Kabupaten Dairi serta Tim Penggerak PKK Desa Silalahi I.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan Tim Penggerak Provinsi Sumatera Utara hadir ke Desa Silalahi I untuk melakukan pembinaan tentang usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan pembinaan UP2K di Desa Silalahi I telah dilakukan sebanyak 3 kali dan UP2K tersebut berada di bawah binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Dairi.

“Dalam melakukan pembinaan, PKK Kabupaten Dairi telah menyampaikan kepada PKK Desa Silalahi I terkait dengan potensi apa yang akan dikembangkan untuk UP2K. Ada beberapa potensi yang akan dikembangkan yakni bawang merah dan tenun ulos Silahisabungan,” ujar Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Potensi lainnya yang akan dikembangkan untuk UP2K di Desa Silalahi I adalah makanan bubur sitohap dimana bubur sitohap tersebut terbuat dari daun sitohap yang terdapat di Desa Silalahi I. Daun Sitohap ini dikatakan Beliau memiliki keunikan tersendiri karena dapat tahan lama, jika dia kering dan kembali dimasukkan ke dalam air warna daunnya akan kembali hijau.

“PKK Kabupaten Dairi akan terus mendukung PKK Desa Silalahi I dalam pengembangan potensi UP2K, nanti akan diadakan pelatihan dan peralatan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Dairi,” ucap Beliau.

Sementara itu, Sekretaris Pokja II Tim Penggerak PKK Sumatera Utara Kania yang hadir bersama rombongan mengatakan sangat mengapresiasi semangat dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dalam melakukan pembinaan ke seluruh Anggota PKK di Kabupaten Dairi. Untuk UP2K,

Kania mengatakan salah satu syarat terpenting adalah koperasi sudah harus terbentuk terlebih dahulu.

“UP2K ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari dinas terkait dalam mendukung pelatihan potensi yang akan dikembangkan,” ujar Kania.

Dalam UP2K ini, Kania mengatakan ada beberapa tingkatan yang harus dipahami, yakni tingkat pemula, tingkat madya, tingkat kelompok utama dan tingkat mandiri.

Ditambahkan oleh Wakil Sekretaris III Tim Penggerak PKK Sumatera Utara Mutiara Sari Harahap mengatakan pembinaan UP2K bukan hanya untuk perlombaan saja, namun untuk meningatkan ketahanan ekonomi keluarga. Mutiara Harahap mengatakan misalnya untuk Desa Silalahi I, potensi yang akan dikembangkan misalnya Ulos Silahisabungan, jika para penenun ulos memiliki sisa kain ulos dari hasil tenunan, sisa kain tersebut dapat dijadikan untuk membuat masker.

“Untuk promosi awalnya, boleh ditawarkan kepada Kepala Desa, kemudian ke Camat dan selanjutnya kepada para Kepala Dinas. Dengan sistem promosi seperti itu, maka Desa Silalahi I ini perlahan akan mendapatkan pendapatan karena hasil pergerakan ekonomi Desa Silalahi I berasal dari hasil karya para penenun ulos Silahisabungan,” jelas Mutiara Harahap.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi yang juga sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi memberikan cinderamata kepada rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yakni Ulos Silahisabungan hasi karya dari para penenun ulos Silahisabungan.

Selain ulos, Kepala Desa Silalahi I juga memberikan cinderamata yakni bawang merah yang menjadi tamanan pertanian yang khas dari Silahisabungan. Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara juga menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) berupa Face Shield kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi yang diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Turut hadir dalam rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara, Wakil Sekretaris V Bapak Andre, Ketua Pokja IV Ibu Deliana, Wakil Sekretaris IV Riza Fahlepi Lubis.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button