BlitarDaerah

TIM Penggerak TP PKK Desa Pasirharjo Launching Dan Sosialisasi Keluarga Sehat Tanggap, Tangguh Bencana

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Ketua TP PKK Kecamatan Talun Kabupaten Blitar secara resmi membuka Launching Dan Sosialisasi Keluarga Sehat Tanggap,Tangguh Bencana yang diadakan TP PKK Desa Pasirharjo.

Menurut Ketua TP PKK Desa Pasirharjo,Zuhriyatul Lathifah menjelaskan pada Mitratoday.com, Launching Dan Sosialisasi merupakan program dari pusat yang turun hingga ke tingkat Desa.

“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan TP PKK yang pertama, karena dimasa pandemi vakum, tetapi Alhamdulillah kabupaten Blitar sekarang level satu, kita mulai berkegiatan. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker,menjaga jarak,mencuci tangan dan sebagainya,”ungkap Zuhriyatul Lathifah.

Dalm kegiatan tersebut, pihaknya mengundang pakar kesehatan, seperti dokter spesialis Paru dari RSUD Ngudi Waluyo Wlingi,juga pendamping dari Kabupaten Blitar.

“Karena ini program dari Pemerintah, kita juga mengantisipasi semoga keluarga semua sehat, anak anak kita jangan sampai ada yang stunting, agar itu bisa berkurang sekaligus sosialisasi tentang vaksinasi. Karena masih ada beberapa warga yang belum mau di vaksin,”jelas Zuhriyatul.

Terkait mengundang Dr spesialis paru, Ketua TP PKK Desa Pasirharjo mengatakan bahwa banyak warga yang menderita sakit paru dan banyak yang tidak mau berobat serta tidak mengakui bahwa mereka sakit paru-paru.

“Kalau sebelum pandemi ada kader TBC yang mendata, tapi sekarang selama ada pandemi kurang maksimal. Makanya kita undang Dr spesialis agar ibu-ibu PKK mendapat ilmu tambahan,”kata Zuhriyatul.

Kedepan pihaknya bukan saja mengundang spesialis paru-paru, tapi spesialis dari penyakit lain atau Nara sumber lain dengan kegiatan lain. Karena sesuai dengan program kelompok IV.

“Mungkin nanti Pokja I kita bisa mengundang narasumber dari KUA atau apa, begitu juga dengan Pokja-Pokja yang lain,”tandas Zuhriyatul.

Sedangkan kegiatan rutin PKK Desa Pasirharjo, setiap bulan pihaknya mengadakan pertemuan untuk PKK tingkat Desa hingga tingkat Dusun.

“Karenan kita ada dua Dusun, isi dari pertemuan sendiri melanjutkan materi dari Kabupaten. Terkadang ada pelatihan dengan mengundang nara sumber untuk memberikan materi seperti sebelum pandemi mengundang Chef dan memberikan materi cara membuat Makanan Tambahan untuk anak-anak,”ungkap Zuhriyatul Lathifah.

Biar tidak monoton dan agar ibu-ibu PKK antusias hadir di pertemuan, kita membuat kegiatan selang-seling. Tapi yang pokok kita juga membuat arisan jemputan, dan itu selalu ada,”tambahnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: