Lampung

Tim Satgas Ketahanan Pangan Lampung Tengah Ceka Bapok Selama Ramadhan

Lampung Tengah,mitratoday.com -Guna memastikan ketersediaan stok pangan dan aman di konsumsi oleh masyarakat  saat Ramadhan dan jelang lebaran tahun 2018,tim gabungan  satgas ketahananan pangan kabupaten lampung tengah dan polres Lampung Tengah melakukan survey atau pengecekan di beberapa pasar di Lampung Tengah.

Rombongan dari tim satgas ketahanan pangan kabupaten Lampung Tengah, yang terdiri dari satuan polisi Pamong Praja, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas perindustrian, serta Dinas perdagangan Lampung Tengah, bersama satgas pangan Polres Lampung Tengah, melakukan pengecekan sejumlah bahan pangan dan ketersedian barang  ,jaminan keamanan bagi masyarakat yang mengkonsumsi barang tersebut menjelang  Hari Raya Idul Fitri tahun 2018.pengecekan  di awali  di sejumlah toko grosir maupun eceran di Bandar Jaya Plaza, Selasa (22/5/18).

Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah AKP. Resky Maulana mengatakan, tim dari  ketahanan pangan pemerintah Daerah Lampung Tengah,melakukan pengecekan terkait ketahanan pangan dan keamanan  pangan, saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,di beberapa pasar yang ada di Lampung Tengah,karena adanya kebutuhan masyarakat yang meningkat.

‘’Hari ini kita bersama tim gabungan satgas pangan Kabupaten Lampung Tengah,melakukan operasi atau pengecekan yang pertama di pasar Bandar Jaya, terkait dengan keamanan pangan dan ketahanan pangan.Karena di Bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran maka kebutuhan masyarakat meningkat untuk itulah kita sudah ada tim yang berkoordinasikan dengan Pemda Lampung Tengah untuk melakukan pengecekan di pasar yang ada di Lampung Tengah,” ungkap Kasat Rekrim polres Lampung Tengah ini.

Resky menambahkan ,bahwa setelah di lakukan pengecekan tersebut , Tim menemukan  beberapa kenaikan harga barang  yang masih stabil dan ketersediaannya di anggap aman hingga lebaran nanti.

‘’Dari hasil pengecekan ini kita menemukan kenaikan beberapa barang yang di nilai masih stabil dan untuk ketersedianan barang hingga lebaran nanti masih terkondisi denga bagus, saat kami belum menemukan barang barang kadaluarsa yang di perjual belikan.Dan pengecekan ini akan terus kita lakukan hingga jelang  lebaran nanti baik di toko grosir maupun toko eceran sampai ada perintah  lebih lanjut dari pimpinan, Karena mengenai ketahanan dan keamanan pangan ini merupakan perintah dari Pak Presiden langsung ,’’ jelas Resky.

Sementara itu terpisah ,kepala dinas Ketahanan Pangan Lampung Tengah, Jumali, mengatakan,  pengecekan bahan pangan ini di lakukan dalam rangka menyambut hari besar keagamaan  nasional.untuk itulah perlu di lakukan survey stok dan harga barang yang ada di pasar pasar di Lampung Tengah. untuk stok beras Lampung Tengah aman sedangkan sembako tidak ada kenaikan yang signifikan dan mencukupi hingga lebaran.

‘’Dalam rangka menghadapi Hari Besar keagamaan Nasional, tentunya kita harus melakukan survey bagaimana ketersediaan stok bahan pangan yang ada di pasar pasar di Lampung Tengah,seperti Pasar Bandar Jaya,pasar Wates, Kota Gajah, pasar Punggur dan hingga ke Pasar di Seputih Surabaya,dan untuk stok beras kita surplus, sedangkan untuk sembako ini merupakan hal yang biasa karena saat kebutuhan meningkat ini dan kenaikannya tidak sampai 1 persen karena pada saat jelang lebaran masyarakat yang lewat dan hanya sekedar makan saja sudah ribuan orang dan stok kita aman hingga setelah lebaran,’’ pungkas Jumali. (Iswan)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button