Tinjau Gerbang Tol Anang Prihantoro Yakin Pihak Pengembang Punya Kemampuan

Lampung, mitratoday.com – Dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sebagaimana diamanatkan Pasal 22D ayat (1) UUD 1945 dan Pasal 249 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014, DPD RI sebagai salah satu lembaga perwakilan mempunyai tugas dan wewenang antara lain dapat mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) tertentu, memberikan pertimbangan atas RUU tertentu serta pengawasan pelaksanaan undang-undang yang berkaitan dengan kewenangan yang telah ditetapkan dalam UUD 1945 dan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014, rabu (13/6/2018).

Berdasarkan hal tersebut di atas dan dalam rangka melaksanakan tugas Komite II DPD RI dalam Masa Sidang V Tahun Sidang 2018 perlu melakukan Kunjungan Kerja ke Daerah, dalam rangka melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Untuk itulah anggota DPD RI asal Lampung, Ir Anang Prihantoro melakukan kunjungan kerjanya di gerbang tol Kota Baru, Lampung selatan.

Obyek yang vital dan sangat penting adalah melihat jalan tol yang di bangun, dan beberapa waktu lalu di anggap tidak mungkin di lakukan pembangunan di Lampung dan akan memakan waktu berapa tahun pembangunannya?.

Hal itu merupakan pesimisme dari banyak orang waktu itu. Ternyata hari ini dapat kita saksikan hasil kerja keras dari PT. Hutama Karya (HK), PT. Wijaya Karya dll. Yang mengatakan kalaupun bisa lebih dari 24 jam akan di lakukan, ternyata jalan tol hari ini sudah dapat di gunakan meskipun belum 100 persen.

“Saya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa dan rakyat Indonesia, rakyat Lampung harus berterimakasih dan mendukung jalan tol yang luar biasa ini,” ungkap Anang.

Lebih lanjut Anggota komite II DPD RI ini berharap kepada pelaksana pembangunan jalan tol trans sumatera ini untuk memercepat pekerjaannya. Dan mengatasi kendala yang ada sehingga jalan tol trans sumtera ini dapat di lalaui bukan hanya saat lebaran saja tetapi target utama adalah Asian Game di palembang yang akan berlangsung pada 18 agustus hingga 2 September 2018 nanti.

“Dari keterangan pelaksana pembangunan jalan tol trans sumatera ini, jalur ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yakin dapat di selesesaikan untuk mendukung Asian Game di Palembang, hanya Ruas dari Terbanggi Besar- Kayu Agung Sumatera Selatan ini memang masih ada kendala alam, terutama daerah daerah yang rawa di sekitaran Mesuji Lampung dan Mesuji Palembang Tapi saya kira teman teman pelaksana dari PT . HK punya kemampuan untuk mengatasi itu, maka harus kita dorong dan kita dukung supaya dapat selesai,” tutur Anang.

Sementara itu kepala cabang operasional PT. Hutama Karya, Hanung Hanindito, mengatakan saat ini sudah ada beberapa ruas jalur Tol Trans Sumatera yang sudah dapat di lalui dan juga di fungsikan sementara untuk membantu arus mudik lebaran.

“Saat ini sudah ada beberapa ruas jalan tol yang telah di buka dan kami siapkan, yang dapat di lalui untuk membantu pemudik melalui jalur lintas Sumatera, apabila jalur lintas sumatera tidak dapat menampung dapat menggunakan jalur tol ini. Tetapi apabila musim lebaran selesai akan kami tutup kembali dan di lanjutkan pembangunanya menuju ke Asian Game,” terang Hanung.

“Kami akan terus bekerja keras mendukung program pemerintah dan mensukseskan Asian Game tahun 2018” pungkasnya.

Dari hasil pantauan anggota DPD RI ,Ir Anang Prihantoro,saat ini kondisi jalur tol trans Sumatera Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar sudah hampir selesai pembangunannya, hanya ada beberapa titik saja yang terhambat adanya pembabasan lahan, namun dipastikan hal tersebut akan segera selesai sehingga pembangunan dapat segera di laksanakan.

Sedangkan untuk Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung Palembang pengerjaannya terus di lakukan untuk mensukseskan pelaksaan Asian Game Jakarta-Palembang tahun 2018 ini. (iswan)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.