DaerahHeadlineMalang

Tinjau Pasar Lawang, 211 Lapak Bakal Di Bangun Pemerintah

Malang,mitratoday.com – 211 kios di Pasar Lawang direncanakan bakal dibangun Pemkab Malang. Kios-kios tersebut dinilai mengalami kerusakan cukup parah pasca terjadinya Kebakaran yang terjadi tahun 2019 lalu.

Kepala Disperindag Kabupaten Malang Mahilla Surya Dewi menyebut, kebakaran yang terjadi tahun 2019 lalu menyebabkan sekitar 456 ikut terdampak. Ia merinci dari 456 pemilik kios pasar lawang tersebut, 97 pedagang telah direlokasi ke tempat penampungan sementara 148 pemilik kios lainnya tetap berjualan karena sama sekali tidak terdampak langsung.

“Artinya ada sekitar 308 orang pedagang yang terdampak,” kata Mahilla, Rabu (6/7/2022).

Sementara Bupati Malang HM.Sanusi saat meninjau langsung bekas bangunan lapak yang terbakar di pasar Lawang menjelaskan jika Pemkab Malang akan fokus memperbaiki atau merehab 211 kios saja. Hal ini lantaran 211 kios tersebut dinilai mengalami kerusakan akibat kebakaran tersebut.

Ya yang 211 itu saja yang direhab, kalau semuanya dibongkar nanti akan merusak tatanan dan menimbulkan masalah baru seperti relokasi pedagang dan penempatan lapak nantinya,” Ujar Sanusi.

Itupun lanjut Sanusi masih perlu ditawarkan lagi kepada pedagang. Jika sepakat maka pemerintah akan merehab 211 kios tersebut. Skemanya pembiayaanya lanjut Sanusi bisa dengan menggunakan CSR, APBD atau dari Pemprov Jatim.

“Jika masih bisa direhab seperti Pasar Bululawang, itu juga lebih baik, karena selain biayanya gak banyak dan cepat, pedagang juga bisa segera berdagang kembali, sedanngkan yang masih bisa ditempati nanti ya lewat pemeliharaan saja seperti di cat ulang,”tutur Sanusi.

Sanusi menyebutkan jika masih banyak skala prioritas yang tengah diprogram Pemerintah.

Meski diketahui pada tahun 2020 lalu Pemerintah sempat memprogramkan , tapi kenyataannya anggaran yang tersedia harus di refocusing untuk menangani pandemi covid.

Praktis saat ini adalah masa pemulihan ekonomi. Artinya pemerintah sendiri masih memulai proses pemulihan ekonomi di Kabupaten Malang.

Sanusi sendiri, melakukan peninjauan pasar Lawang didampingi sejumlah Kepala OPD Pemkab diantaranya Asisten Adminitrasi Pemerintahan Suwadji, Kepala Disperindag Mahilla Surya Dewi, Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang Fitri Yuhana, Kepala Bapeda Tomie Herawanto dan Kepala Bagian Prokopim Setda Firmando H Matondang.

Terpisah Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang Fitri Yuhana menjelaskan , Dewan sangat mendukung kebijakan yang diambil Pemerintah.

Kendati demikian dirinya juga mengingatkan masih banyak skala prioritas Pembangunan yang dilakukan Pemkab Malang.

“Makanya kami di Komisi 2 akan koordinasi dengan Disperindag, jika dimungkinkan ada refocusing di PAK nanti bisa dianggarkan. Harus disadari kebutuhan anggaran nya kan juga besar, di sisi lain masih banyak yang perlu diprioritaskan. Opsi ainnya mungkin bisa dikerjasamakan dengan Pemprov Jatim atau Pemerintah Pusat,” tutur Politisi Partai Gerindra ini.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button