DaerahJawa Tengah

TNI Bersama Rakyat Menyukseskan TMMD Reguler

Salatiga,mitratoday.com– TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya dalam hal ini Rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, TMMD diprioritaskan masuk ke wilayah pedesaan yang miskin dan tertinggal, terpencil dan terisolir, berada di perbatasan atau pulau-pulau kecil terluar, desa kumuh atau wilayah yang memang sama sekali belum tersentuh oleh pembangunan, termasuk daerah yang sedang atau habis dilanda bencana.

TMMD yang dulunya dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD) telah berjalan dari tahun 1980. Sejak berpisahnya POLRI dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), kegiatan AMD secara otomatis berubah nama menjadi TMMD. Adapun manfaat dari kegiatan ini telah banyak dirasakan oleh Rakyat Indonesia. TMMD dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan dan berada jauh dari pusat keramaian kota.

Melalui TMMD Reguler Ke 102 Ta 2018 Kodim0714/Salatiga ini, hubungan antara TNI dengan Rakyat pun semakin solid. Pasalnya, dalam setiap pelaksanaan kegiatannya, TMMD selalu melibatkan masyarakat, baik itu selama pengerjaan sasaran fisik maupun kegiatan non fisik yang menjadi Program utama dalam kegiatan Bhakti TNI ini. Seperti halnya saat dilokasi pembangunan Jalan di Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Memasuki istirahat siang, masyarakat yang ikut bergotong-royong dalam pembangunan infrastruktur desa ini terlihat mencair bersama anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) TMMD Kodim 0714/Salatiga.

Menurut Sunar(40) salah satu warga desa Bonomerto , kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat selama TMMD diselenggarakan membuat warga tidak kaku lagi dengan sosok tegap TNI. Bahkan menurutnya, TNI sudah menjadi sahabat dan mitra kerja yang baik hingga saat ini. Apalagi kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat kecil seperti kami, sehingga membuat TNI semakin dihormati dikalangan masyarakat, ungkapnya.

“Kami salut dengan TNI, mereka tinggalkan anak dan istri tercinta hanya untuk menjalankan tugas yang mulia, yaitu membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia”, pungkas Sunar.(kris/puji pendim sala3)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button