DaerahHeadlineMalang

Top, Dinkes Kabupaten Malang Ditunjuk Jadi Pemateri Workshop Kemenkes RI

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mendapatkan kehormatan menjadi pemateri pada kegiatan workshop Kementerian Kesehatan RI di Jakarta Kamis kemarin (18/11/2021) kemarin.

Materinya kata Kadinkes Kabupaten Malang Dr.drg Arbani Mukti Wibowo adalah soal Pelayanan Sistem Pencatatan Kelahiran, Kematian dan Penyebab Kematian (SPKKPK) tahun 2021.

Kepada Mitratoday.com, Arbani menjelaskan dirinya ditunjuk untuk memaparkan berbagai kebijakan dan terobosan yang dilakukan untuk memperoleh data Kematian, Kelahiran dan penyebab kematian di Kabupaten Malang. Dinkes sendiri kata Arbani ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian tersebut sejak tahun 2020 lalu.

“Hasilnya kita mendapatkan data real dan valid, yang di sesuaikan dengan data dari Dispendukcapil dan Data dari Rumah Sakit serta desa soal jumlah angka kematian, angka Kelahiran dan penyebab Kematian,”ujar Arbani jumat (19/11/2021).

Hasilnya, lanjut Arbani, hampir 65 persen angka kematian terjadi di luar Rumah Sakit. Penyebabnya bermacam, mulai Kecelakaan dan kejadian lainnya. Untuk mengetahui penyebabnya, beber Arbani adalah dengan dilakukan outopsi verbal.

Dari data itulah, nantinya lanjut mantan Direktur RSUD Lawang ini, data kematian dan penyebab kematian di tambah dengan kualifikasi umur tersebut di gabung untuk mengetahui hasil akhirnya.

Endingnya, dari hasil penelitian tersebut, Pemerintah bisa melakukan intervensi penanganan secara sistematis dan terukur disesuaikan dengan kategori usia yang sudah diklasifikasi.

Dari hasil presentasi yang dilakukan di depan pejabat Kemenkes tersebut lanjut Arbani, program SPKKPK ini, bakal di advokasi kan ke kementerian terkait untuk dimasukan kedalam perencanaan program pembangunan pemerintah. Artinya program SPKKPK ini akan dijadikan acuan untuk merencanakan sebuah program pembangunan. Pasalnya di tahun 2023, beber Arbani, program SPKKPK ini bakal diimplementasikan oleh Kemenkes untuk dilakukan diseluruh Indonesia.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button