BlitarDaerahHeadlineKesehatan

TP PKK Desa Pasirharjo Mengundang Dokter Spesialis, Beri Pengetahuan Terkait Kesehatan Paru

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pemerintah Desa Pasirharjo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar menggelar Launching Dan Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Dan Tangguh Bencana pada Kamis (30/9/2021).

Launching Dan Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana TP PKK di buka resmi Ketua TP PKK Kecamatan Talun, Nurul Warih.

Pada acara tersebut di hadirkan beberapa Nara sumber seperti dari RSUD Ngudi Waluyo yaitu Ulfa Azizahtudinayah AMD, Kepala Ins Promosi Kesehatan Rumah Sakit Ngudi Waluyo Wlingi, dan Dokter Spesialis Paru, Muhammad Yusuf Mustofa,Koordinator Pendamping Ahli Kabupaten Blitar, Rudiyanto Hendra S S.Sos.

Menurut Kepala Ins PKRS Ngudi Waluyo Wlingi, Ulfa Azizahtudinayah bahwa dalam agenda tersebut, pihaknya mengisi promosi kesehatan untuk TP PKK Terkait dengan kesehatan paru-paru.

“Untuk itu kami mengajak Dokter Spesialis Paru-Paru yang memberikan materi bagaimana menjaga kesehatan paru-paru,terutama di masa pandemi saat ini,dimana yang di serang terutama paru-paru,”kata Ulfa.

“Mengabaikan penyakit-penyakit yang lain, terutama ibu-ibu nanti mendapatkan pengetahuan yang lebih. Sehingga masyarakat bisa lebih memahami tentang pentingnya menjaga paru demi kesehatan,”ungkap Ulfa.

Ulfa mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin RSUD Ngudi Waluyo Wlingi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Ini juga program dari RS untuk membantu menambah ilmu pengetahuan kepada masyarakat, bukan hanya di Desa Pasirharjo tetapi kami juga merapat ke Kecamatan di Kabupaten Blitar di manapun. Mungkin ada kegiatan yang bisa kita isi materi untuk edukasi kepada masyarakat, nanti kita sesuaikan. Misalkan, acaranya apa?. Dengan audensi siapa,nanti kita siap siapkan mater. Tidak hanya spesialis paru saja,mungkin nanti dengan spesialis kandungan atau spesialis mata dan yang penting sesuai permintaan masyarakat bisa tentang gizi dan yang lainnya,” jelas Ulfa.

Materinya sendiri diisi oleh Dr Spesialis Paru-Paru RSUD Ngudi Waluyo Wlingi yaitu Dr Muhammad Yusuf Mustofa yang mengatakan kepada mitratoday.com usai acara, bahwa pihaknya mengurai terkait cara, hal-hal apa,bagaimana menjaga kesehatan paru, dan sesuai dengan tema pada tahun ini yaitu Tahun Hari Paru sedunia dengan tema untuk menjaga paru kita supaya sehat dengan cara 4 hal, diantaranya berhenti merokok dengan hindari tembakau, Jaga paru dengan Vaksinasi, mulailah untuk menghirup udara segar, dan terakhir adalah meningkatkan imunitas fisik atau dengan cara berolahraga teratur.

“Terkait vaksinasi paru itu ada beberapa macam, seperti vaksinasi pneumonia, vaksinasi influenza, vaksinasi virus Mers, vaksinasi virus sars yang di Timur tengah. Selain vaksinasi Covid-19, masyarakat bisa melakukan vaksinasi tersebut di RS sudah tersedia, termasuk salah satu program pemerintah. Apalagi masyarakat yang ingin pergi haji harus di vaksinasi virus Mers sama Sars,”terang Dr Yusuf Mustofa.

Dr Yusuf Mustofa juga berharap dengan momentum saat ini, dimana pandemi Covid-19 yang sudah mulai melandai dan momentum hari paru sedunia, semua masyarakat diharapkan tidak abai terkait kesehatan parunya.

“Apa yang kita capai saat ini dimana Covid sudah mulai melandai, jangan sampai kita malah menjadi abai, tetapi kita harus tetap waspada,tetap tekun,tetap tertib untuk fokus menjaga protokol kesehatan sampai Covid-19 hilang dari bumi Indonesia.”Tutupnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: