DaerahDKI JakartaHeadlineNasional

Trakindo Apresiasi Kontribusi Jurnalis Melalui Anugerah Jurnalistik 

Penulis : Fathin Zuhair Firdaus

Jakarta,mitratoday.com – PT Trakindo Utama (Trakindo), perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia memberikan penghargaan kepada jurnalis dari seluruh penjuru nusantara melalui ajang Anugerah Jurnalistik Trakindo (AJT). Kegiatan ini merupakan apresiasi terhadap jurnalis Indonesia yang selama ini telah menjadi rekan Trakindo dalam mengedukasi masyarakat tentang berbagai aspek sektor industri, khususnya terkait industri alat berat yang digarap oleh Trakindo. 

Sebagai tema tunggal lomba ini adalah 50 Tahun Dedikasi Trakindo Berkarya untuk Indonesia. Seperti telah luas diketahui, industri alat berat memainkan peranan penting dalam pemulihan ekonomi karena kehadirannya sebagai pendukung di berbagai sektor lainnya, mulai dari kehutanan, pertanian/perkebunan, konstruksi, energi dan transportasi, pertambangan. Khusus untuk Trakindo sendiri, kegiatannya juga diperluas melalui kegiatan CSR yang banyak menyentuh aspek kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup.

Corporate Communication and CSR Manager PT Trakindo Utama Candy Sihombing mengingatkan kembali peran penting jurnalis di masa pemulihan ekonomi ini. “Dengan otoritas yang dimiliki media saat ini, rekan-rekan jurnalis telah menjadi mercusuar yang memberi kejelasan informasi di tengah derasnya arus informasi seperti saat ini. Selain itu, di tengah upaya pemulihan di sektor kesehatan dan ekonomi saat ini, kita – masyarakat Indonesia perlu belajar lagi tentang pengetahuan-pengetahuan baru dan media menjadi sumber yang tepercaya untuk hal ini. Itulah sebabnya kami merasa bahwa kontribusi dan peran rekan-rekan jurnalis ini perlu diapresiasi secara khusus,” tutur Candy Sihombing.

Setelah melalui proses seleksi dan penjurian yang ketat, akhirnya tim juri dari Trakindo memutuskan 3 orang jurnalis yang berhak menerima Anugerah Jurnalistik Trakindo 2021, karena berhasil menulis karya-karya yang bisa membuka mata masyarakat. Ketiga jurnalis tersebut adalah:

  • Lilis SetyaningsihWarta Kota Tribunnews, “Tidak hanya Mengejar Profit, Bisnis Harus Punya Alasan Mendasar untuk Hadir di pasaran, Mengapa?”, 
  • William SyukurEquipment Indonesia, “Trakindo Rilis Cat D1, D2, D3 – Trio Dozer Kecil yang Tangguh dan Canggih”,
  • Anton ChrisbiantoKoran Sindo, “Harga Komoditas Mendorong Peningkatan Permintaan Alat Berat”

Para pemenang diumumkan pada 23 Desember 2021, tepat di hari jadi Trakindo yang ke-51 tahun ini.

Ditemui secara terpisah, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa mengungkapkan penghargaannya bagi kegiatan yang dilakukan Trakindo ini. “Lomba karya jurnalistik seperti yang diselenggarakan Trakindo ini adalah kesempatan emas bagi insan pers untuk terus mengasah kapasitas. Terlebih di era digitalisasi informasi saat ini masyarakat membutuhkan karya jurnalistik yang dihasilkan wartawan atau jurnalis yang memiliki kompetensi,” ungkap Teguh Santosa.

Trakindo lahir pada 23 Desember 1970. Sejak berdiri 50 tahun lalu, Trakindo selalu berusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan berkualitas bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia. Trakindo telah menjadi rumah bagi banyak orang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, dengan menghargai perbedaan dan keanekaragaman. 

“Trakindo sendiri terus berkomitmen untuk mendampingi dunia bisnis dan sektor industri untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Untuk itulah, kami selalu sangat mengapresiasi kepercayaan dan dukungan rekan-rekan jurnalis di seluruh tanah air” pungkas Candy Sihombing.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: