Uji Coba Perubahan Arus Untuk Mengurangi Kemacetan Lalin Di Jember

Penulis : Solicin

Jember,Mitratoday.com-Mulai hari ini Kamis 10 Juni 2021 diujicobakan rekayasa (pengalihan) arus lalulintas di Jalan Samanhudi Kota Jember. Uji coba tersebut merupakan keputusan bersama dari Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) berlaku selama 3 minggu ke depan. Jika dirasa sesuai dengan harapan dan tujuan untuk mengurangi beban di Jalan Trunojoyo maka akan dilanjutkan.

Iptu Heru Sis, dari Satlantas (Kanit Dikyasa) Polres Jember, memantau langsung bersama beberapa personil bekerja sama dengan pegawai Dinas Perhubungan Angkutan Darat Kabupaten Jember.

Heru Sis mengatakan, “Yang jelas ini untuk mengurangi kepadatan di jalan Trunojoyo.”

Heru mengungkapkan bahwa di dalam kawasan tertib lalu lintas (KTL) dalam kota tidak ada titik berhenti kembali. Artinya, arus lalu lintas selalu mengalir.

Dengan uji coba itu, arus lalu lintas di ujung Jalan Trunojoyo bisa mengalir ke 3 ruas jalan, Samanhudi atau Kyai Sidiq dan langsung lurus ke Hos Cokroaminoto. Sehingga, tidak ada lagi kendaraan yang berhenti di ujung Jalan Trunojoyo (simpang empat Trunojoyo). Traffic light (lampu tanda lalu lintas) akan berwarna kuning terus untuk ketiga ruas jalan.

“Setelah tiga minggu dari sekarang forum LLAJ akan melaksanakan Anev (analisa dan evaluasi) lagi,” kata Heru Sis. Jika efektif maka akan dilanjutkan. Ia mempersilahkan masyarakat pengguna jalan memberikan saran dan masukan atas uji coba rekayasa lalu lintas itu.

Iptu Heru Sis menjelaskan, semua unsur yang terkait sudah mensosialisasikan perubahan arus itu khususnya kepada pengguna jalan Samanhudi, termasuk kepada pemilik toko-toko di sepanjang jalan itu.

Seperti diketahui Jalan Samanhudi menjadi titik bongkar muat barang dagangan sebab wilayah itu merupakan pusat perdagangan Kota Jember. Pihak Satlantas dan Dishub sudah mengantisipasi dengan menempatkan petugas di tiga titik yakni di simpang empat Trunojoyo, di simpang tiga Untung Suropati dan di bawah Jembatan layang Gladak Jompo (diujung timur Samanhudi). Selain itu petugas juga akan mobiling (berjalan) memantau situasi di Jalan Samanhudi selama masa uji coba.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button
Close
Close