DaerahHeadlineMalang

UMK Kabupaten Malang Naik Rp 200 Ribu

Malang,mitratoday.com – Warga Kabupaten Malang terutama para buruh patut bersyukur. Pasalnya mereka bakal menerima bayaran lebih tinggi Rp 200 ribu dari upah sebelumnya.

Ini setelah Pemerintah menaikkan upah buruh dari Rp 3.068.275 naik menjadi Rp 3.268.275 ditahun 2023 mendatang.

Hal ini diutarakan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Yekti Pracoyo. Kenaikan UMK tersebut berlaku mulai tahun 2023 mendatang.

“Alhamdulillah UMK Kabupaten Malang naik sebesar Rp 200 ribu dari tahun sebelumnya,” kata Yekti Pracoyo, Rabu (14/12/2022).

Untuk itu pihaknya menilai kenaikan UMK ini wajib diketahui masyarakat Kabupaten Malang. Caranya adalah dengan mensosialisasikan kenaikan UMK tersebut. Tidak hanya buruh saja, para pengusaha lanjut Yekti Pracoyo musti mengetahui kenaikan UMK tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi konflik hubungan industri yang terjadi nantinya.

Ia melanjutkan ,meski kenaikan UMK telah ditetapkan namun ada pengecualian bagi pengusaha usaha mikro dan kecil.

“Mereka boleh memberikan upah diluar ketentuan yang ditetapkan. Sesuai Perpres nomor 36, nilainya 30 persen dari garis kemiskinan Provinsi, atau sekitar Rp 800 ribu,” tukasnya.

Ditanya apakah ada keberatan dari pengusaha, Yekti Pracoyo memastikan tidak ada konflik hubungan industri yang terjadi karena UU Cipta Kerja sudah diberlakukan.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button