DaerahHeadlineMalang

Vaksin Dor To Dor Terus Di Garap Pemkab Malang

Malang,mitratoday.com – Masih rendahnya capaian vaksinasi terutama dosis 3 atau Booster menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang musti di garap Pemerintah Kabupaten Malang. Salah satunya dengan kebijakan untuk melakukan vaksinasi door to door yang disepakati Forkopimda Kabupaten Malang jumat lalu (22/7/2022).

Plt Kadinkes Mursyidah membenarkan jika vaksinasi door to door saat ini sudah dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Tidak hanya dilakukan Pemkab Malang saja tapi semua Rumah Sakit maupun para pengusaha juga dilibatkan untuk menyelesaikan vaksinasi tersebut.

“Ini terus kita lakukan (vaksinasi) di 33 Kecamatan bekerjasama dengan seluruh stakeholder diantaranya Rumah Sakit dan Pengusaha di Kabupaten Malang,” kata Mursyidah, Selasa (26/7/2022).

Ia menambahkan, saat ini rata-rata capaian vaksin dosis 1 dan dosis 2 di Kabupaten Malang sudah mencapai sekitar 87 persen. Namun untuk vaksin dosis 3 (Booster) lanjut Mursyidah rata-rata baru tercapai sekitar 24 persen.

Menurutnya, capaian vaksin dosis 3 yang masih rendah tersebut disebabkan beberapa hal, diantaranya keengganan masyarakat untuk mendatangi gerai vaksin yang disediakan pemerintah dan pemahaman masyarakat yang menilai jika vaksin booster tidak penting.

“Ya pemahaman seperti ini kami nilai salah, meski kasus covid melandai namun beberapa waktu terakhir ini kan mulai merangkak naik. Artinya prokes masyarakat sudah mulai lemah dan menganggap Covid sudah sirna. Ini yang musti kita luruskan, salah satu caranya dengan vaksin door to door ini,” lanjut Mursyidah.

Agar vaksin door to door tersebut semakin efektif dan membuahkan hasil, pihaknya juga mengajak peran serta pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk mendorong setiap warganya melakukan vaksinasi terutama vaksin booster.

Ini perlu ia sampaikan, karena vaksin tersebut merupakan salah satu cara utama untuk meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terpapar Virus Covid.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button