BlitarBudayaDaerahHeadline

Wabup Blitar : Kegiatan Bersih Desa Pertanda Awal Kebangkitan Ekonomi

Blitar,mitratoday.com – Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso menghadiri acara bersih desa di Dusun Sumbermanggis Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar pada Selasa (31/05/2022) malam.

Hadir dalam Acara Bersih Desa yang merupakan Tradisi Jawa tersebut, yakni Kepala OPD terkait, Muspika Kecamatan Doko, Jajaran Pemerintah Desa Sumberurip, dan lainnya.

Wakil Bupati Rahmat Santoso dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi bersih Desa merupakan wujud syukur masyarakat desa kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat, kemakmuran berupa hasil panen serta kesehatan dan keberkahan.

“Semoga keberkahan tersebut menjadikan kita semua semakin bersemangat, bangkit menata ekonomi yang menuju kesejahteraan masyarakat,” ujar Rahmat Santoso.

Santoso ungkapkan, kegiatan bersih Desa sebagai wujud harapan masyarakat agar terhindar dari malapetaka virus Covid-19.

“Tradisi bersih Desa ini juga bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar warga Desa Sumberurip khususnya terhindar dari segala malapetaka seperti virus Covid-19, juga dimulainya kebangkitan ekonomi,” imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor dua di Pemkab Blitar ini menyampaikan, kegiatan bersih desa yang dirangkai dengan kegiatan pagelaran wayang kulit tersebut, bisa menjadi pendorong masyarakat untuk bangkit secara ekonomi.

“Kita berharap kedepannya kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan di setiap kecamatan. Ini sebagai dimulainya kebangkitan ekonomi, kira-kira begitu,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat Santoso mengingatkan kepada perangkat desa agar melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin.

“Adanya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tolong dijadikan suntikan semangat dalam membangun desa. Gunakan dana tersebut sesuai aturan, tepat sasaran dan membawa nilai manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Wabub Rahmat Santoso juga meminta agar program One Village One Produck (OVOP) harus sukses di Kabupaten Blitar.

“Silahkan bapak ibu untuk berlomba menggali potensi yang ada di desa. Saya ingin produk lokal kita menjadi kebanggaan yang bisa menembus pasar global,” Pungkas Wabup Rahmat Santoso

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button