BatamDaerahHeadline

Wagub Kepri Ajak PKK Kota Batam Ciptakan Menu Berbahan Dasar Ikan

Kota Batam,mitratoday.com – Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengajak ibu-ibu PKK Kota Batam untuk berkreasi dalam menciptakan menu berbahan dasar ikan.

Hal ini disampaikan Marlin saat menghadiri Lomba Masak Serba Ikan yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kota Batam bersama Tim Penggerak PKK Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (23/6).

“Ikan ini bagus untuk kita. Nutrisinya sangat baik untuk pertumbuhan. Manfaatnya juga banyak. Salah satunya untuk mendukung program pencegahan stunting,” tutur Marlin.

Selain untuk konsumsi keluarga, kreasi olahan ikan ini juga bisa ibu-ibu PKK kembangkan menjadi produk makanan yang dipasarkan. Namun Marlin berpesan, apabila ingin menciptakan menu baru, harus melihat ketersediaan bahan baku di tempat kita.

“Covid sudah mulai berlalu, saya yakin tamu akan kembali datang ke Batam. Punya ilmu harus kita kembangkan, jangan berhenti di diri kita sendiri. Ibu-ibu juga harus punya manajemen, berdayakan orang sekitar. Suatu waktu pesanan banyak, kita sudah punya jaringan, karena kalau kita kerjakan sendiri tidak akan sanggup,” pesannya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini mengatakan Lomba Masak Serba Ikan ini merupakan agenda tahunan. Namun sempat vakum pelaksanaannya pada 2020-2021 akibat pandemi Covid-19.

Lomba Masak Serba Ikan 2022 ini diikuti peserta dari Tim Penggerak PKK 12 Kecamatan. Tiap tim diminta membuat 3 menu berbahan dasar ikan, yakni menu keluarga, menu kudapan, dan menu balita.

“Untuk bahan bakunya adalah ikan kerapu. Karena di Batam sangat berpotensi. Budidaya ikan kerapu ada di tiga sentra perikanan, Galang, Belakangpadang, dan Bulang. Sehingga sangat memungkinkan ibu-ibu memperoleh bahan baku,” ujar Husnaini.

Pada lomba kali ini, juri yang dihadirkan terdiri dari Chef hotel, ahli gizi, ahli perikanan, serta perwakilan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam. Adapun tim yang keluar sebagai juara umum pada Lomba Masak Serba Ikan 2022 ini adalah TP PKK Kecamatan Bengkong.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button