BengkuluBENGKULUDaerahHeadline

Warga Bengkulu Berduka, Ratusan Kios PTM Ludes Terbakar

Bengkulu. mitratoday.com –  kebakaran besar terjadi di PTM Pasar Minggu Kota Bengkulu tepatnya di Jalan KZ Abidin II Pasar Minggu, Kelurahan Blakang Pondok, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Jumat (14/12). Akibatnya ratusan kios hangus terbakar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bengkulu menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran sekira pukul 09: 45 Wib.

Pihaknya kemudian meluncurkan pulahan unit kendaraan yang terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran 10 Unit water tanker, 4 unit Polda Bengkulu, 2 Unit Damker Kabupaten Bengkulu Tengah 2 Unit Bandara Fatmawati, 3 Unit dari Pemerintah Kota Bengkulu.

“Yang terbakar Pasar Minggu, sekitar 120 Kios penjual ludes, kami kekurangan mobil sehingga kita konfirmasi dengan pihak lain,” kata Dinas Pemadam Kebakaran.

Pada saat melakukan pemadaman petugas dilokasi melakukan pembongkaran pintu penyekatan dari blok ke blok area kios agar kebakaran tidak meluas.

“Luas bagian yang terbakar kurang lebih 120 kios untuk luas perkios 2-3 meter,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan saksi katanya, api sempat terlihat sejak pukul 09 : 45 Wib diduga bermula dari korsleting listrik yang berada diruang tengah blokyu.

Saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan asal mula api, namun dugaan sementara kepolisian api diduga berasal dari kios Bolkyu.

Salah satu pedagang Yadi menceritakan bahwa pada saat kebakaran terjadi, pengunjung pasar sempat berteriak adanya kebakaran.

Para pedagang yang mendengar teriakan tersebut langsung bahu membahu memadamkan api.

“Pengunjung berteriak-teriak api, pedagang langsung memadamkan tapi api malah semakin membesar,” katanya.

Menurutnya, selain melahap kios si Jago merah juga melahap dinding Mega Mall pasca kebakaran terjadi karena api sangat besar.

Tak hanya itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah langsung tindak ke lokasi, Ia mengatakan kepada pihak kepolisian agar membuat posko guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta untuk rumah sakit untuk membuka posan ante-moertem guna mendata laporan jika ada yang kehilangan ataupun pengaduan.

“Ya kita antisipasi untuk kebakaran ini, karena api sangat besar, posko ini guna pengaduan jika ada yang kehilangan ataupun ada yang hal- seperti pingsan, mudah-mudahan tidak ada,”ungkapnya.

Sementara itu kepala pengelolaan Mega Mall Zulkifli Ishak mengatakan, kobaran api berasal dari korsleting listrik dari ruang blokyu.

“Kobaran api awalnya dari ruang blokyu yang berada ditengah kios ini, Sekitar pukul 9: 45 Wib karena angin kencang api sangat cepat membesar sampai 100% kios hangus,”katanya.

Saat ditanya untuk Asuransi para penjual Zulkifli mengatakan,”untuk para penjual tidak ada, tetapi untuk gedung kami ada asuransinya” tambahnya. Demikian

(Tp)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button