Warna-warni Budaya Di Festival Gondanglegi

Malang,Mitratoday.com-Kekayaan budaya khas daerah ditampilkan di festival budaya Gondanglegi minggu (1/9).

Hal ini sangat beralasan , karena wilayah Kabupaten Malang yang sangat luas menjadi daya tentunya memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat serta kesenian yang berbeda seperti yang tapak pada gelaran tahunan festival Gondanglegi yang kerap diadakan dipenghujung bulan Agustus ini.

Buktinya berbagai kreasi seni, baju adat berbagai daerah yang dikenakan hingga kreativitas artistik ditampilkan di event Pesona Budaya Kali ini.
Plt Bupati Malang HM.Sanusi mengaku cukup terhibur dengan event pesona Gondanglegi ini. Pasalnya berbagai kekayaan dan kearifan lokal dilibatkan dalam gelaran festival tahunan di Gondanglegi.

“Budaya kita sangat banyak dan kita ini kaya akan budaya, ini harus terus dikenalkan kepada masyarakat,”kata Sanusi minggu (1/9).

Selain keragaman budaya Sanusi juga mengingatkan , Kabupaten Malang juga memiliki berbagai macam destinasi wisata mulai pantai , pegunungan , sumber air dan situs peninggalan sejarah. Keberadaan Destinasi tersebut , lanjut Sanusi juga berada di berbagai penjuru daerah di Kabupaten Malang tersebut juga membutuhkan berbagai promosi dan inovasi agar dikenal masyarakat luas maupun wisatawan yang berkunjung.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya (Disparbud) Dr.Made Arya Wedhantara SH.Msi. menjelaskan event Pesona Gondanglegi telah masuk dalam agenda tahunan Pemkab Malang.

Ia menyebut, event Pesona Gondanglegi sebenarnya berawal dari karnaval biasa yang kerap diadakan setiap bulan Agustus untuk memeriahkan perayaan Kemerdekaan RI. Disini kami berpendapat , sayang jika Pesona Gondanglegi ini tidak digarap dengan baik, maka kami juga terus mendorong semua elemen masyarakat di Gondanglegi untuk menampilkan kearifan lokal dan kami juga ikut membranding dan mempromosikan event ini,”ujar Doktor Ilmu Sosial Unmer ini.

Buktinya kata Made, keseriusan semua elemen masyarakat dan penggiat wisata di Gondanglegi mampu menghadirkan berbagai kreativitas yang punya nilai jual kepada masyarakat luas. Harapannya terletak pada tingkat antusiasme masyarakat yang menyaksikan event pesona Gondanglegi ini, ini akan berdampak kepada meningkatnya ekonomi masyarakat,”tutur Made.

Event Pesona Gondanglegi ini memasuki tahun kedelapan , diikuti 16 desa dan berbagai instansi di wilayah Gondanglegi.

(GT)

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close