BlitarDaerah

Wisata Religi Makam Bung Karno Sehari Di Buka,Sudah di Padati Pengunjung

Blitar,Mitratoday.com-Makam Presiden RI yang terletak di Kota Blitar Jawa Timur mulai di buka hari Minggu (21/06/2020).

Makam Bung Karno adalah salah satu wisata Religi yang sangat di andalkan oleh Pemerintah Blitar sebelum adanya Covid-19. Makam Bung Karno selalu ramai di kunjungi penziarah dari berbagai Daerah baik dari Kota di Jawa Timur bahkan dari luar Jawa Timur.

Kepala Disporbudpar Kota Blitar Tri Iman Prasetiono mengatakan bahwa Kawasan Wisata Makam Bung Karno sudah mulai di buka atas persetujuan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19. Dan untuk kawasan Wisata Makam Bung Karno terdiri dari Makam Bung Karno dan Istana Gebang.

“Yang menjadi pertimbangan Kami, tempat wisata tersebut boleh di buka karena pengunjungnya bisa di kendalikan. Dalam arti dikendalikan, baik dari sisi kuota maupun dari sisi pendataan, seperti pengunjung maksimal 50 orang, dan jika lebih dari itu harus menunggu antri secara bergantian.”Terangnya.

“Kuota tersebut dibatasi agar bisa menjaga jarak, Kemudian pendataan dari buku tamu itu nanti pengunjung menulis koordinatornya siapa? nama,alamat dan no telephone, jumlah pesertanya berapa orang. Semua ini dalam rangka pencegahan covid-19, jika terjadi sesuatu bisa di hubungi koordinatornya.” Tambahnya.

Sedangkan berdo’a di dalam makam pada sebelum covid-19 sebenarnya tidak di batasi, namun untuk saat ini maksimal 50 orang agar jarak bisa terjaga termasuk ketika belanja di kios belakang makam, kalau misalnya masing-masing berdo’a 20 menit, maka ketika sudah masuk kios sudah berjarak.

Mengenai antusias warga yang berkunjung, Tri Iman menjelaskan bahwa pihaknya berasumsi jikalau pada bulan Juni mungkin paling ramai di kunjungi Kawasan Wisata Makam Bung Karno.

“Aturan protokoler Kesehatan di Makam Bung Karno harus dipatuhi, baik oleh pedangang, tukang becak dan insan wisata lainnya. Kalau tidak mematuhi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka ini akan di tutup kembali dan tentu akan merugikan mereka. Begitu juga dengan para pengunjung harus diperketat.”KataTri.

Pantauan Mitratoday.com di lokasi makam pada hari pertama di buka banyak pengunjung yang datang baik pengunjung berkelompok dalam jumlah lebih dari lima orang maupun pengunjung keluarga dengan silih berganti memasuki makam, dan semua terlihat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sebelum masuk makam di tempat cuci tangan yang di sediakan pengelola makam Bung Karno.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button