Air Semakin Berkurang, Dinas Pengairan Lakukan Maping Potensi Air

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Dinas PU Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang saat ini tengah melakukan entry point dan pendataan potensi air di seluruh wilayah Malang khususnya Malang Selatan.

Hal ini kata Kepala Dinas PUSDA Aviecena M Saniputra perlu dilakukan untuk menjaga ketersediaan air dengan menggali potensi air yang bisa dimanfaatkan nantinya.

Ya termasuk mata air, sungai, maupun embung yang berpotensi, nanti akan kita kembangkan,” ujar Aviecena rabu (3/11/2021)

Nantinya dari hasil entry point tersebut lanjut Aviecena akan disusun dan di masukkan ke dalam RPJMD dan Rencana Strategis (Renstra) Dinas PUSDA.

Aviecena menjelaskan, sebenarnya potensi yang dimiliki Kabupaten Malang ini terbilang sangat luar biasa, terutama soal ketersediaan tanah. Namun untuk air, kata Aviecena diprediksi akan semakin berkurang. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk menghitung jumlah kebutuhan air terutama untuk irigasi pertanian.

“Oleh karena itu perlu kita antisipasi dengan mencari potensi air yang bisa dimanfaatkan sehingga saat debit air berkurang atau habis , kita masih punya cadangan air yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan petani,” ulas Aviecena.

Bagikan
Exit mobile version