Alang Institute : Pemuda Pembangun Peradaban

Isu pendidikan merupakan salah satu permasalahan besar suatu bangsa. “Kurangnya life skill pemuda dan disparitas elemen pendidikan khususnya di Pandeglang, Banten adalah faktor utama saya membangun Alang Institute”, ujar Fitra Riyanto, Alumni BAKTI NUSA 10 Surabaya, founder Alang Institute.

Alang Institute sebuah gerakan social education dengan fokus pendidikan, peningkatan soft skill pmuda dan pengabdian masyarakat. Alang Institute menentukan arah gerak, merancang struktural komunitas dan kurikulum serta melengkapinya dengan indikator keberhasilan program merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Fitra dan tim dalam build-up Alang Institute.

Pemuda adalah penggerak dalam membangun peradaban bangsa. Sasaran penerima program Alang Institute adalah pemuda desa sekitaran Pandeglang, Banten. Program-program yang telah berhasil dilaksanakan periode tahun 2020-2021, diantaranya;

Program Entrepreneur

Alang Institute telah menyelenggarakan webinar dan workshop entrepreneurship selama satu bulan yang telah dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dan lebih dari 15 pengusaha mikro, kecil dan menengah.

Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemauan, serta membantu menyusun strategi jitu berwirausaha di masa pandemi dengan narasumber yang kompeten.

Program Beasiswa Aktivis Muda

Alang Institute menciptakan program unggulan Beasiswa Aktivis Muda, yg bertujuan mewujudkan satu Desa, satu Sarjana dan satu CEO yang berlandaskan IPTEK dan IMTAQ, dan telah menghimpun lebih dari 20 donatur. Para Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Muda ini difasilitasi kelas Tahfidz Leader Qur’an, kelas Goes to Campus (bimbingan masuk Perguruan Tinggi, persiapan SBMPTN, coaching beasiswa di Perguruan Tinggi), kelas softskill (Leadership, Penulisan, Desain dan Bahasa), Islamic Leadership Development (kelas mentoring) dan support dana pendidikan.

Aksi Kebaikan

Berhasil menghimpun lebih dari 30 volunteer dalam menggalakkan aksi kebaikan Alang Institute, dan bersama-sama mewujudkan terselenggaranya program dengan baik. Hingga saat ini Alang Institute menjadi finalis dalam LEAD Bakrie Center Foundation 2022.

Alang Academy

Pusat pelatihan softskill bagi pemuda desa. Program ini telah berhasil memberikan pengetahuan tentang skill yang berguna pada dewasa ini diantaranya pelatihan design, menulis, editing,leadership. Pelatihan menulis sampai berhasil menerbitkan buku “Suara dari Desa untuk Dunia”.

Alang Creative Lab x Talks Lab

Kanal positif Alang Intitute melalui media sosial bertujuan menebar manfaat dengan membangun motivasi.

Alang Institute bekerjasama dengan komunitas yang bergerak dalam pendidikan untuk mendukung program-program pendidikan inklusi. Beberapa media komunikasi online ataupun radio sudah digandeng untuk menebarkan inspirasi kebaikan.

Berjalan satu tahun Alang Insitute telah menebar manfaat kepada lebih dari 2000 pemuda usia sekolah dan pra kerja. Pendidikan tidak hanya pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.

Bagikan
Exit mobile version