Atraksi Tarian Budaya Jawa Wayang Orang di Kantor Disporaparbud Sergai Pukau Penonton

Perbaungan,mitratoday.comAlunan musik tradisional Jawa mengiringi atraksi Wayang orang kelompok Sanggar Sinar Budoyo yang di gelar Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Dan Budaya Serdang Bedagai

“Tujuan kegiatan ini selain menampilkan seni budaya Jawa di Kabupaten Serdang Bedagai juga sebagai dokumentasi Disporabarbud dalam mengakses website. Sehingga dapat menjadi panduan dan referensi bagi semua pihak terkait, baik itu dari instansi pemerintah, institusi akademisi, wisatawan dan berbagai organisasi wirausaha jasa Wisata,” kata Kabid, OK Syafriani disela sela kegiatan Selasa (25/1/2022).

OK Syafriani menjelaskan, Seni Tari Jawa Wayang orang merupakan satu satunya yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Tentunya dengan kehadiran seni budaya Jawa Wayang orang ini memberikan motivasi kepada sanggar lain agar terus tetap semangat melestarikan seni budaya serta mempertahankan nilai budaya unik, kearifan lokal agar tetap lestari di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Semoga dengan banyaknya generasi muda yang tengah menonton atraksi Wayang orang ini dapat memotivasi Kawula muda untuk mencintai tarian tradisional,” Tutup OK Syafriani.

Cerita kisah Raden Hanoman ini diikuti gerak gemulai penari ditambah beberapa atraksi bela diri bikin penonton yang memadati Kantor Disporaparbud Sergai terpukau sekaligus ingin mengetahui lebih dekat sendratari sanggar Sinar Budoyo yang beralamat di Desa Pematang Kasih Kecamatan Pantai Cermin.

Guntoro Ketua sanggar Sinar Budoyo menjadi peran sebagai Raden Rawono Direjo dalam cerita itu memimpin para pasukan kerajaan Alengka untuk menghadang kedatangan Raden Hanoman dengan pengawalan Para Patih Patih Kerajaan Alengka langsung berhadapan dengan Raden Hanoman.

“Perang tanding pun tak terelakan antara Raden Anoman dengan Raden Rawono kerajaan Arengka yang dulunya megah kini hancur rata menjadi tanah dibuat Raden Anoman. Dari cerita tersebut dapat kita petik pesan moral tentang jiwa luhur, jiwa pemberani jiwa sang satria yang disimbolkan memberantas berbagai permasalahan kejahatan yang meresahkan masyarakat.

Pewarta : Marwan

Bagikan
Exit mobile version