Buka Festival Kresnayana VIII, Wabup Blitar : Terimakasih Dukungan Semua Pihak

Blitar,mitratoday.com – Wakil Bupati Blitar, H Rahmat Santoso SH.MH pada Sabtu 06 Agustus 2022 malam secara resmi membuka festival Kresnayana VIII di Amphitheater Komplek Candi Penataran.

Dalam acara di hadiri Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbudristek RI, Direktorat Pengembangan Dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek RI selaku sutradara, Forkopimda, Sekda, Pimpinan DPRD dan anggota Komisi IV, Ketua Dekranasda, Ketua Paguyuban Blitar Raya di Jakarta, Ketua TP2ID, Kepala Dinas yang membidangi Kebudayaan Kabupaten/ Kota bersama Perwakilan Duta Wisata, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Forkompimcam Nglegok, Kepala Sekolah, Guru Seni SLTA Blitar Raya, BEM Perguruan Tinggi di Blitar Raya, Ketua dan Pengurus Kelompok/Paguyuban Seni Budaya, Seniman dan Budayawan.

Acara bertepatan pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-698 dan peringatan HUT RI ke 77 tersebut berjalan sukses, hingga masuk dalam 10 top Event Wisata Budaya di Provinsi Jawa Timur.

“Semoga Festival Kresnayana ini bisa menjadi penyemangat kita semua dalam membangkitkan seni budaya di Kabupaten Blitar. Sehingga bisa mendukung pemulihkan ekonomi daerah menuju masyarakat maju dan sejahtera,” kata orang nomor dua di Kabupaten Blitar tersebut.

Selain itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Jawa Timur, atas dukungan dan kerjasama dengan Pemkab Blitar. Sehingga Festival Kresnayana bisa menjadi kebanggaan, khususnya Kabupaten Blitar dan masuk dalam 10 Top Event Wisara Budaya Provinsi Jawa Timur.

“Semoga kolaborasi dan kerjasama seni budaya ini dapat menjadi jaringan promosi wisata antar daerah. Selain itu bisa tetap menginspirasi, mengedukasi sekaligus menghibur kita semua.” Ujarnya.

Kemudian beliau sampaikan, ia ingin Festival Kresnayana tetap dapat terselenggara secara rutin dan berkelanjutan.

“Pada tahun 2023 mendatang Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur tetap menganggarkan Festival Kresnayana dan bersinergi dengan Pemkab Blitar,” jelasnya.

Gelaran Festival Kresnayana VIII tersebut mengusung judul“Kresna Prawira Yudha”, mengisahkan Bharatayuda adalah perang suci antara Pandhawa dan Kurawa, untuk menepati janji, sumpah, dan takdir. Takdir untuk merubah dunia dalam kedamaian.

“Saya berharap itu bisa diambil hikmah yang baik dari kisah tersebut, guna diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap tentrem rahayu wilujeng.” Tuturnya.

Wabup dalam hal ini mendorong agar seluruh elemen kelompok seni budaya, sanggar seni dan sekolah bisa memanfaatkan Amphitheater secara maksimal sebagai tempat menyalurkan kreativitas para seniman di Kabupaten Blitar.

“Supaya kearifan lokal, yaitu seni dan budaya kita makin dikenal dan menjadi daya tarik wisata budaya,” terangnya.

Vice Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) ini memyampaikan bahwa pihaknya juga berterima kasih kepada PT Unirama Duta Niaga yang telah menjadi sponsor utama.

“Mendukung penuh acara ini hingga bisa berjalan lancar dan sukses.” Pungkasnya.

Pewarta : Novi

Bagikan
Exit mobile version