Dinilai Lama, Pemkab Malang Geser Anggaran BTT Penanganan PMK.

Malang,mitratoday.com – Pemerintah terus berupaya melakukan percepatan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Malang. Salah satunya adalah dengan melakukan pergeseran anggaran BTT untuk dimasukkan ke program dinas terkait.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Ir.Tomie Herawanto menyebutkan bahwa pergeseran anggaran BTT ke Program ini adalah opsi tercepat dan terbaik yang bisa dilakukan untuk menangani PMK di Kabupaten Malang.

“Ini sedang berproses untuk dilakukan pergeseran, kalau uangnya sudah ada tapi kan perlu ada aspek-aspek yang harus di finalkan, termasuk didalamnya target sasaran yang harus ditangani sesuai DIPA, termasuk penyiapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” ujar Tomie Hetawanto jumat (1/7/2022).

Meski diakui Jika di BTT lanjut Tomie prosesnya cepat. Berapapun dana yang dibutuhkan bisa ditambah selama anggaran BTT tersebut masih tersedia. Beda dengan jika masuk diprogram, mekanismenya selain harus diprogram juga wajib dimasukkan ke DIPA Pemerintah.

Kendati sudah proses pergeseran anggaran, namun Tomie juga masih berharap agar Kemendagri segera melakukan revisi terhadap point di Inmedagri no 31 . Di Inmendagri tersebut terdapat point yang menerangkan bahwa anggaran BTT harus di masukkan ke Program. Point inilah yang menjadi ganjalan utama semua daerah untuk mengucurkan anggaran BTT untuk penanganan PMK

Pemerintah sendiri lanjut Tomie sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk menangani PMK di Kabupaten Malang tersebut. Ditargetkan dalam kurun waktu seminggu ini sudah bisa di kucurkan.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version