Genap 40 Tahun, Warga Purwodadi Gelar Petik Laut, Sanusi : Teruslah Bersyukur

Malang,mitratoday.com – Usia desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi genap memasuki 40 tahun setelah sebelumnya hanya menjadi sebuah dusun.

Perayaannya ditandai dengan selamatan desa dan petik laut yang biasa digelar pada 15 suro. Didalamnya selain melarung sesaji berupa hasil bumi ke tengah laut juga membersihkan dan mensucikan sebuah kentongan kayu yang diyakini warga desa sebagai salah satu pusaka desa Purwodadi.

“Ya ini sudah menjadi tradisi kami, setiap 15 Suro kita syukuran selamatan desa dan petik laut sebagai bentuk syukur warga desa atas hasil bumi dan pendapatan nelayan selama ini,” kata Marsi, Kades Purwodadi senin (15/8/2022).

Harapannya lewat selamatan desa dan larung sesaji ini, hasil pertanian maupun tangkapan nelayan akan meningkat pesat sehingga masyarakat desa menjadi makmur.

Terpisah Bupati Malang, HM Sanusi berpesan agar tradisi seperti ini terus dilakukan. Selain bentuk rasa syukur, tradisi ini jika dikemas dengan apik, kata Sanusi bisa menjadi daya tarik tersendiri terhadap kunjungan wisata pantai desa Purwodadi.

“Harus terus bersyukur, agar rejekinya melimpah dan masyarakatnya makmur semua. Apalagi disini potensi wisata nya sangat bagus, maka kalau dikemas dengan baik saya yakin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kunjungan wisatawan,” terang Sanusi.

Jika wisatawan yang datang semakin banyak, lanjut Sanusi, perekonomian masyarakat dipastikan akan semakin meningkat.

Kendati demikian, Sanusi mengaku kagum dengan masyarakat Purwodadi ini. Meski berada di pinggiran dan jauh dari perkotaan, namun masyarakatnya dinilai sangat makmur. Ini dilihat dari rumah-rumah warga yang cukup bagus.

“Artinya masyarakat sangat serius untuk bergerak maju membangun desanya dengan memanfaatkan segala potensi desanya mulai pertanian, perikanan, hingga wisata pantainya,” beber Sanusi.

Pemerintah sendiri ,tutur Sanusi ,terus menggerojok berbagai sarana infrastruktur terutama jalan untuk mempermudah kunjungan wisatawan. Tidak cukup disitu saja, promosi wisata sejauh ini, ulas Sanusi juga dilakukan cukup masif. Harapannya disaat banyak wisatawan berkunjung disitulah perekonomian masyarakat akan meningkat.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version