HUT IKSS Kota Pekanbaru Ke-35

PEKANBARU – Ikatan Keluarga Simawang Saiyo (IKSS) kota Pekanbaru memperingati HUT pendirian organisasi yang telah genap berusia 35 tahun, acara bertempat di Gedung serbaguna PMI Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (22/12/17).

Dengan bertemakan, Dengan Kebersamaan dan Kekeluargaan Kita Tingkatkan Silahturahmi dan Kekompakan Sesama Warga Simawang Kota Pekanbaru Di Bumi Lancang Kuning.

Kegiatan kali ini diisi dengan Pemotongan kue ulang tahun yang dilakukan oleh Ketua DPC IKSS kota Pekanbaru, Syafrin Hendro yang bergelar adat Datuak Mantiko Tagak didampingi istri tercinta Bundo Kanduang (Sebutan adat Minang buat istri Datuak) Yully SH.

Selanjutnya, acara diisi dengan penyerahan Door Prize oleh panitia acara dan lelang Singgang Ayam buat penggalangan dana untuk pembangunan jembatan digedung sekretariat IKSS.

Turut hadir dalam kegiatan ini ketua-ketua Jorong (Desa) nan Salapan (Delapan) Kenagarian (Kecamatan) yang tergabung dalam IKSS yaitu Suherman Sutan Mudo (Jorong Darek), Zainal Abidin (Pincuran Gadang), Syafrizal (Koto Gadang), Gunawan (Batu Limbak), Syafrial (Baduih), Hasnil (Ombilin), Marjohan (Padang Data), dan Zulkifli (Piliang Bendang) serta ratusan warga para anggota IKSS kota Pekanbaru.

Menurut Ketua DPC IKSS Datuak Mantiko Tagak, ketika dimintai keterangan oleh awak media mengatakan, IKSS didirikan pada 1982 silam. Dan dimasa kepemimpinannya sekarang yang pengukuhannya dilakukan di tahun 2016 lalu. Pihaknya telah memulai dengan merangkul semua warga Simawang yang ada di Pekanbaru yang berjumlah 600 Kepala Keluarga (KK).

“Mudah-mudahan kedepannya bisa mencapai angka seribu dua ratus KK, yang terdiri dari pedagang kecil, pedagang menengah, dan ada juga PNS,TNI, Polri, kejaksaan, pengacara,” ungkap Datuak kepada wartawan.

Selanjutnya, Datuak Mantiko Tagak mengatakan, kedepannya IKSS memiliki program-program diantaranya dibidang pendidikan, kesehatan, agama, dan perekonomian.

“Kita punya bantuan internal dan auternal. Jadi, Bundo-Bundo Kanduang IKSS telah melakukan auternal bakti sosial dengan kunjungan ke Panti Jompo dan menyerahkan bantuan untuk delapan puluh orang,” kata Datuak.

Menyinggung, berkaitan dengan pesta rakyat Pilkada Pilgub Riau 2018 tahun depan, Datuak berharap supaya warga IKSS dapat menggunakan hak pilihnya.

“Walaupun kami pedagang-pedagang kecil, dalam pesta demokrasi, tetap menjadi suatu perhitungan untuk memilih siapa pemimpin yang terbaik didaerah Riau,” katanya.

Sementara itu, salahsatu perwakilan dari Ketua Jorong Pincuran Gadang Zainal Abidin atau Inung, mengatakan, kita mengajak dan menghimbau masyarakat Pincuran Gadang yang berada di kota Pekanbaru untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antara warga di delapan jorong.

“Mudah-mudahan, berkat kerjasama tadilah kita nanti membuahkan hasil yang lebih baik menguatkan rasa kekeluargaan sesama perantau Simawang di kota Pekanbaru,” ucap Inung.

Selain itu, Ketua Keamanan di IKSS Jhon Piter yang pernah menjabat Dansatgas FKPPI Provinsi Riau mengatakan, penyelenggaraan HUT IKSS ke-35 tahun ini berlangsung dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah, kegiatan memperingati HUT IKSS tahun ini berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Kedepannya IKSS semakin kompak lagi dan bisa berjaya hingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat,” pungkas Jhon Piter.(IS)

Bagikan
Exit mobile version