IKM Terus Tumbuh, Disperindag Raih Penghargaan Pemprov Jatim

Malang,mitratoday.com-Untuk kesekian kalinya penghargaan diperoleh Pemkab Malang dari Pemprov Jatim.

Adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang yang dinobatkan sebagai sebagai OPD Teraktif diajang Digifest Jatim 2022 di gedung Universitas Machung Dau Kabupaten Malang senin (26/9/2022)

Penghargaan itu sendiri diserahkan Sekretaris Disperindag Provinsi Jatim Sriyono kepada Kadisperindag Kabupaten Malang Mahila Surya Dewi.

Mewakili Kadisperindag Provinsi Jatim, Sriyono menilai Pemkab Malang serius menggarap sektor industri terutama IKM, setiap tahunnya jumlah IKM di Kabupaten Malang terus bertambah.

“Ini menandakan jika geliat pelaku industri kecil menengah di Kabupaten Malang tumbuh dan berkembang cukup masif,”kata Sriyono senin (26/9/2022).

Salah satu faktornya laniut Sriyono adalah kehadiran dan kepedulian Pemkab untuk terus mendorong geliat pelaku IKM agar mampu bersaing di pasar global.

“Ini sangat penting menuju revolusi industri 4.0 saat ini,disamping upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,”ulas Sriyono.

Terpisah Kadisperindag Kabupaten Malang Mahila Surya Dewi mengaku bersyukur, Pemkab Malang mendapat penghargaan tersebut. Baginya ,penghargaan ini menjadi semacam spirit untuk terus berkarya dan memberi manfaat nyata bagi warga Kabupaten Malang terutama para pelaku IKM.

Spirit itu lanjut Mahila semakin kuat dengan support yang kuat pula dari Bupati Malang HM.Sanusi yang dinilai selalu memberikan gagasan dan ide-ide kreatif terhadap kelangsungan IKM di Kabupaten Malang.

“Harus kita akui bersama, beliau (Bupati Sanusi) selalu menginspirasi untuk mendongkrak perekonomian di Kabupaten Malang ini terutama pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat IKM yang ada,”ujar Mahila Surya Dewi.

Salah satu bentuk supportnya lanjut Mahila adalah dengan mempermudah akses-akses perijinan IKM bahkan dari sisi permodalan, sosok Bupati Malang juga ikut memikirkan salah satunya adalah dengan meminta kepada dunia perbankan untuk memberikan bantuan permodalan dengan suku bunga rendah. Ini dilakukan karena Bupati sangat konsern terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Malang.

Untuk itu,pihaknya bertekad akan terus melakukan pembinaan,pendampingan serta monitoring kepada seluruh IKM yang ada, harapannya disaat pelaku IKM tersebut sukses maka sedikit demi sedikit perekonomian masyarakat akan terangkat.

“Apalagi kita tengah berusaha memulihkan ekonomi pasca pandemi di Kabupaten Malang. Rasanya spirit ini sangat tepat untuk kita bawa memajukan IKM Kabupaten Malang,”pungkas Mahila Surya Dewi.(Sigit)

Bagikan
Exit mobile version