Kabupaten Blitar Masuk Level 1, Wabup : Mari Bersama Kita Jaga Prokes

Blitar,mitratoday.com-Kementerian Kesehatan merilis hasil asesmen terbaru mengenai situasi covid-19. Hasilnya, jumlah wilayah level 1 di Jawa Timur bertambah dari 21 menjadi 25 Kabupaten ataupun Kota. Salah satunya, Kabupaten Blitar.

Selain Kabupaten Blitar, daerah lain yang masuk level 1 di Jawa Timur yaitu Kabupaten Tuban, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Ponorogo, Pasuruan, Pamekasan, Ngawi, Magetan, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi dan Lumajang.

Sementara wilayah yang masuk level 2 adalah Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Sumenep, Probolinggo, Pacitan, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Madiun, dan Bangkalan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun mengapresiasi kerja keras dan sinergi berbagai elemen strategis masyarakat.

“Alhamdulillah, Provinsi Jatim kembali mendapatkan penambahan pada level 1. Sebanyak 25 kabupaten/kota berada di level 1, 13 kabupaten/kota level 2,”ujar Khofifah, Sabtu 25 September 2021.

Ada enam parameter yang digunakan dalam proses asesmen, yaitu kasus konfirmasi, rawat inap RS, kematian, testing, tracing dan treatment. Dari keenam parameter tersebut, Jatim memenuhi standar memadai dari ketentuan WHO maupun Kemenkes RI.

Misalnya, kasus konfirmasi Jatim yang berada pada level 1 dengan angka 5,14 per 100 ribu penduduk per minggu. Angka tersebut jauh di bawah standar yang ditetapkan Kemenkes RI yaitu di bawah 20 per 100 ribu penduduk/minggu. Sementara angka positivity rate Jawa Timur saat ini berada di posisi 0,96 persen. Angka ini juga memenuhi standar WHO yakni di bawah 5 persen.

Meski situasi covid-19 di Jatim makin melandai, namun Khofifah tidak ingin jumawa. Mantan Mensos RI ini memilih untuk tetap mewaspadai dinamika pandemi covid-19.

“Mohon tetap waspada, disiplin protokol kesehatan, serta lakukan percepatan vaksinasi,”kata Khofifah.

Terpisah, Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso menyambut suka cita setelah wilayahnya dinyatakan masuk level 1.

“Alhamdulillah, kita sudah level 1. Sebelumnya kita juga bisa menurunkan angka kematian covid-19 hingga 97 persen. Mari kita jaga bersama Kabupetan Blitar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, ”tuturnya.

Bagikan
Exit mobile version